Ilustrasi (foto: Nati Melnychuk via unsplash)
Share artikel ini:


Paparan sinar matahari, polusi dan layar gadget merupakan ancaman bagi kulit yang paling dekat dengan kegiatan sehari-hari. Dampak buruknya dapat mempercepat penuaan kulit, kulit menjadi lelah, kering dan kusam.

Solusinya adalah dengan menggunakan skincare yang mengandung bahan-bahan berikut ini karena bisa membantu mengatasi kulit lelahmu. Bahan-bahan di bawah ini sering dijadikan kandungan dalam berbagai jenis produk skincare, seperti serum, masker, dan pelembab.

#1 Salicylic Acid

Salicylic acid adalah asam beta-hidroksi yang terkandung dalam tumbuh-tumbuhan seperti willow tree dan meadowsweet. Ia sering digunakan sebagai kandungan dalam produk skincare karena kemampuannya untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu mengurangi jerawat dan bekas jerawat.

Willow Tree atau Pohon Dedalu (foto: Maksym Diachenko via unsplash)

Salicylic acid juga dapat membantu mengurangi peradangan dan mengeksfoliasi kulit, yang dapat membuat kulit terlihat lebih cerah dan bersinar. Namun, salicylic acid juga dapat menyebabkan iritasi kulit pada beberapa orang, jadi pastikan untuk menggunakannya dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk pakai yang tercantum pada produk.

Salicylic acid merupakan bahan yang kerap dijumpai pada produk pencuci wajah. Kondisi kulit lelah bisa jadi mengalami penumpukan komedo, sehingga rentan terhadap jerawat. Manfaat salicylic acid salah satunya adalah membersihkan kulit hingga ke pori-pori untuk menjaga kulit dari penampilan yang kusam.

#2 Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin yang sangat bermanfaat bagi kulit. Ia dapat membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Vitamin C juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, protein yang membantu menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi munculnya noda hitam. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan memperbaiki kerusakan akibat sinar UV.

Dikenal dengan antioksidannya yang tinggi, vitamin C dapat melindungi kulit dari dampak paparan radikal bebas, mencerahkan dan merangsang munculnya kolagen pada kulit secara alami sehingga membuat tampilan kulit jadi lebih lentur dan segar.

#3 Niacinamide

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang sering digunakan dalam produk skincare. Ia memiliki berbagai manfaat bagi kulit, termasuk mengurangi kemerahan dan peradangan, menghaluskan tekstur kulit, dan mengurangi munculnya jerawat dan bekas jerawat.

Niacinamide juga dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit, serta meningkatkan produksi kolagen yang membantu menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Selain itu, niacinamide juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi munculnya noda hitam.

Meskipun tidak direkomendasikan bagi pemilik kulit sensitif, niacinamide ampuh untuk mencerahkan dan melembabkan kulit loh.

#4 Licorice

Licorice merupakan tanaman yang berasal dari Yunani dan merupakan famili tumbuhan Fabaceae. Dikenal juga sebagai sweet root dan banyak ditemukan di Asia Barat. Akar licorice ampuh untuk meningkatkan kelembaban kulit.

Selain itu, licorice juga mengandung liquiritin yang secara alami membantu mencerahkan kulit yang kusam. Selain itu, kandungan vitamin B3 pada niacinamide mampu mengatasi hyperpigmentasi dan menenangkan kulit wajah dari efek paparan sinar matahari.

#5 Astaxanthin

Astaxanthin adalah pigmen merah-oranye yang dihasilkan oleh karotenoid dan sering ditemukan dalam beberapa jenis tumbuhan dan hewan, seperti udang, krill, salmon ganggang dan ikan. Ia sering digunakan dalam produk skincare karena kemampuannya sebagai antioksidan yang kuat dan dapat meningkatkan kadar air serta kelembaban dan menyamarkan garis halus, sehingga tampilan kulit segar dan tidak kusam.

Ilustrasi sumber-sumber penghasil-Astaxanthin (foto via bn-nutrition.com)

Astaxanthin dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Selain itu, astaxanthin juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa astaxanthin dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi munculnya noda hitam.

Astaxanthin sering dijadikan kandungan dalam berbagai jenis produk skincare, seperti serum, pelembab, dan masker. Namun, astaxanthin masih tergolong baru sebagai kandungan dalam skincare, jadi masih terdapat kekurangan penelitian yang menunjukkan efektivitasnya secara pasti.


Mantul kan? Tunggu apalagi, pastikan agar kulit lelahmu tersolusikan dengan mempertimbangkan informasi di atas ya. Carilah produk yang sudah halal dan gunakan secara bijak sesuai petunjuk pemakaian. Good luck!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk 5 bahan skincare ini
[Total: 2 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar