Ilustrasi makanan manis
Share artikel ini:


Gula merupakan pemanis alami dari tebu yang diproses menjadi kristal dan termasuk ke dalam jenis karbohidrat yang paling mudah dicerna dalam tubuh. Makanan dan minuman manis tentu nikmat disantap ketika berbuka puasa, bukan?

Makanan dan minuman manis memang baik untuk mengganti ion-ion tubuh yang hilang, tapi jika berlebihan, ternyata berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Seperti dikutip dari The Health Site, para ahli mengungkapkan dampak buruk kebanyakan konsumsi gula juga bisa menyerang kecantikan kulit. Panik gak? Panik dong! Kita simak penjelasannya bareng halallife.id yuk!

#1 Jerawat

Menghadapi jerawat bulanan saja sudah panik, apalagi jerawat misterius? Hiiy! Berdasarkan penelitian, konsumsi gula berlebih akan meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Insulin inilah yang memicu lonjakan produksi sebum pada permukaan kulit. Akibatnya, tumpukan sebum yang tak disadari jadi jerawat.

#2 Kulit Kendor

Mengingat karakter gula yang mudah sekali dicerna, maka terlalu banyak konsumsi gula akan menghasilkan banyak energi mubadzir dan menumpuk menjadi lemak di bawah kulit. Kulit kendor yang diakibakan penumpukan lemak tentu terlihat tidak cantik, bukan?

#3 Mata Panda

Bisa jadi mata panda atau kantung mata yang Sobat Halal miliki saat ini merupakan dampak konsumsi gula berlebih loh. Hal ini dikarenakan gula memicu pembengkakan atau inflamasi di area bawah mata.

#4 Penuaan Dini

Fruktosa dan glukosa pada makanan manis menghambat kerja protein elastin dan kolagen yang dikenal sebagai agen peremajaan kulit.

Rusaknya kedua protein tersebut menyebabkan kulit kehilangan kemampuan regenerasi sel dan kelenturannya, bahkan memicu produksi Advanced Glycation End Products (AGE). Perpaduan AGE & efek buruk UV pada matahari menimbulkan efek lanjut penuaan dini yang dikenal sebagai Reactive Oxygen Species (ROS).

#5 Hirsutisme

via huidzorgwest.nl

Lonjakan insulin pada tubuh tidak hanya mengakibatkan jerawat loh, Sobat Halal, tetapi juga bisa memicu produksi hormon testosteron berlebih pada wanita sehingga menyebabkan pertumbuhan rambut di area-area wajah yang tidak semestinya. Khususnya pada seputar mulut dan di dekat pelipis hingga telinga.

#6 Kulit Kasar

Lagi-lagi akibat lonjakan insulin bisa memicu peradangan pada kulit, Sobat Halal. Jika hal ini terjadi, kulit jadi terlihat kusam, kasar, gatal dan mudah iritasi.

#7 Menghambat Kerja Skincare

Skincare digunakan guna merawat dan menjaga kecantikan kulit. Namun, kulit tidak dapat menerima khasiat skincare secara maksimal jika konsumsi gula Sobat Halal berlebihan. Kulit yang sehat punya performa yang baik untuk menerima skincare.

***

Nah, demikianlah dampak buruk gula terhadap kecantikan kulit. Tidak perlu panik lagi ya, Sobat Halal hanya perlu mengontrol asupan gula sehari-hari agar tidak mengganggu kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Prinsipnya kan sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Yuk, bisa yuk!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk informasi ini
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar