Foto-foto via mosqpedia.org
Share artikel ini:


Seni arsitektur moderen tidak hanya diaplikasikan untuk membuat bangunan gedung dan rumah dengan desain-desain yang menarik, namun juga memberikan terobosan gaya bangunan yang unik di banyak masjid di seluruh dunia.

Desain arsitektur kontemporer ini memberikan bentuk masjid yang cukup unik dan terkesan antimainstream jika dibandingkan dengan arsitektur masjid konvensional. Bentuk masjid konvensional umumnya berbentuk bangunan kotak dengan kubah dan menara, sementara masjid-masjid berikut ini seolah keluar dari pakem.

Meskipun demikian masjid-masjid ini tidak kehilangan fungsi utamanya sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah. Yuk, kita lihat beberapa di antaranya!

1. Cologne Central Mosque – Cologne, Jerman

Masjid ini didesain oleh Paul Bohm yang terinspirasi dari gaya arsitektur pada masa Ottoman. Masjid ini memiliki kubah utama berbentuk kapsul dan 2 menara yang menjulang tinggi di sisi kanan dan kirinya.

Namun demikian, Paul Bohm berhasil melakukan modernisasi lebih kompleks lagi dengan menambahkan dinding kaca di sisi-sisi bangunan masjid tersebut.

2. KAPSARC Mosque – Riyadh, Arab Saudi

KAPSARC merupakan kependekan dari King Abdullah Petroleum Studies and Research Center yang berada di Riyadh. Terinspirasi dari bangunan suci Ka’bah umat islam di dunia dan terletak di tengah taman. Masjid ini terlihat sangat futuristik dan estetik.

Namun demikian, bangunan masjid ini juga memiliki filosofi tersendiri. Seperti misalnya terdapat kolam yang mengitari tempat ini dan pada pintu masuknya terdapat jembatan kaca sebagai akses masuk ke bangunan utama masjid, melambangkan transisi untuk sejenak menanggalkan hal-hal yang bersifat duniawi untuk bersiap ibadah dengan suci dan khusuk.

Kaca-kaca yang berada di gedung ini pun memantulkan cahaya lampu, sehingga selain menjadi penerang, juga membuat masjid ini seolah terapung di atas air.

3. The Islamic Center of Rijeka –  Rijeka, Kroasia

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Desain Masjid Unik
[Total: 5 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar