Share artikel ini:


Beragam bentuk masjid dapat ditemukan di mana saja. Ada banyak masjid dengan arsitektur yang memiliki kekhasan tersendiri dari masing- masing daerah atau negara. Tidak heran jika bangunannya memiliki sentuhan budaya masing-masing daerah dan tentu saja kreatifitas para perancangnya.

Seiring berjalannya waktu, bentuk masjid pun semakin unik dan kreatif. Tahukah Sobat Halal, di berbagai belahan dunia ini ada beberapa bangunan masjid yang unik dan luar biasa. Kita telusuri satu per satu yuk!

1. Shah Faisal Mosque, Islamabad

Kredit foto: Ali_Mujtaba via paktrips.com

Masjid dengan perpaduan desain modern dan tradisional ini merupakan hadiah dari King Faisal dari Saudi Arabia. Bentuk masjid yang terinspirasi dari bentuk tenda Suku Badui atau Bedouin di Arab Saudi ini dibangun pada tahun 1976 hingga 1986 di kaki Bukit Margalla, Islamabad.

Masjid ini dibangun oleh arsitek asal Turki yang bernama Vedat Dalokay dan kapasitasnya mencapai 300.000 jamaah.

Selain keindahan arsitekturnya, masjid ini memiliki kolam di tengahnya. Tak heran Masjid ini sempat menjadi masjid terbesar pada tahun 1986 – 1993.

2. Great Mosque of Djenne, Mali

Kredit foto: Geourdu via thisisafrica.me

Masjid yang menyerupai benteng ini berada di Mali dan diberi gelar sebagai the largest mud bricks building in the world oleh UNESCO. Bangunan yang dibuat dari tanah liat ini telah berdiri sejak abad ke-13 dan telah mengalami beberapa sentuhan dari berbagai arsitektur hingga bisa seperti sekarang ini.

Berdasarkan legenda, masjid ini didirikan oleh Sultan Muslim pertama di Mali, yaitu King Koi Konbor, yang menggunakan material lokal untuk memberikan tempat nyaman bagi para umat muslim yang ada di tempat tersebut.

Renovasi masjid ini kerap dilakukan dari waktu ke waktu karena masjid terus mengalami retakan dan erosi akibat hujan di Afrika. Renovasi terakhir yang dilakukan pada masjid ini adalah pada tahun 1907. Namun demikian, gaya arsitektur Sudano-Sahelian tetap dipertahankan dari masa ke masa.

3. Education City Mosque, Ar-Rayyan

Kredit foto Qatar Foundation vi qf.org.qa
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Masjid-Masjid Unik
[Total: 4 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar