Airy Garden (foto-foto koleksi Airy Garden)
Share artikel ini:


Airy Garden merupakan usaha yang menawarkan aneka kebutuhan gardening dan nursery di Kota Subang. Usaha ini telah berdiri sejak tahun 2018 lalu dan dikelola secara langsung oleh Eka, pemiliknya.

“Dulunya saya kerja kantoran dari tahun 2003 sampai 2019 dan punya pengalaman di 7 perusahaan yang berbeda, karena jenuh saya putuskan untuk resign dan waktu itu bertepatan dengan kehamilan anak pertama saya. Latar belakang pendidikan juga pertanian, jadi ya nyambung aja untuk buka usaha budidaya tanaman hias, sambil fokus ke anak dan tetap menghasilkan pemasukan dari rumah.”

Wanita yang biasa dipanggil Ibu Eka oleh karyawan dan rekan bisnisnya ini menjelaskan bahwa latar pendidikan pertaniannya memberikan banyak kontribusi dalam mengelola usaha. Meskipun ilmu pertanian berbeda dengan budidaya tanaman hias, dalam prakteknya, Eka berhasil menerapkan pengetahuan dasar untuk bercocoktanam tanaman hias sekaligus perawatannya.

Airy Garden memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan kompetitor lainnya. Keunikan dan nieche sebagai nursery sekaligus penjual tanaman-tanaman unik, langka dan eksotik tidak lantas membuatnya mematok harga yang tidak masuk akal di pasaran. Dengan harga yang masih terjangkau, Airy Garden menawarkan koleksi tanaman yang cukup lengkap, mulai dari tanaman biasa hingga tanaman premium.

Target 5 Tahun ke depan, Menembus Pasar Ekspor Mancanegara

Ke depannya, Eka ingin Airy Garden tumbuh  menjadi nursery dan gardening store terbesar dan terlengkap di Kabupaten Subang sekaligus menjadi eksportir tanaman hias ke mancanegara.

Selain itu, Airy Garden berupaya memberdayakan sumber daya masyarakat sekitar lingkungan Airy Garden, membuka lapangan pekerjaan khususnya bagi anak-anak muda yang tidak mempunyai pekerjaan tetap, memberdayakan petani tanaman hias dan juga masyarakat sekitar dalam supply tanaman apabila diperlukan. Tidak tanggung-tanggung, bahkan Eka juga mengedukasi seluruh karyawan dan masyarakat setempat dengan ilmu pengetahuan seputar budidaya dan bisnis tanaman hias.

“Target 5 tahun kedepan menembus pasar ekspor mancanegara dan mendominasi penjualan domestik. Kami juga bermimpi mempunyai nursery utama yang memiliki konsep modern untuk kantor pusat Airy Garden, memiliki area nursery khusus pembibitan, dan juga bisa mengembangkan bisnis ke bidang lainnya.”

Airy Garden (foto-foto koleksi Airy Garden)
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Airy Garden
[Total: 6 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar