Share artikel ini:


Sejak tahun 1682 Lampung dikenal sebagai Kota “Tapis Berseri”. Potensi yang dimiliki membuat Lampung menjadi sentra ekonomi di provinsi Lampung. Beberapa potensi tersebut salah di antaranya adalah kuliner dan destinasi wisata yang membuat pelancong keluar-masuk ke Lampung setiap tahunnya.

Jika Sobat Halal sedang berkunjung ke Lampung, kuliner khas Lampung berikut ini jangan sampai dilewatkan untuk dicicipi ya!

1. Engkak

via instagram.com/martha_mei3d0Kue tradisional ini bentuknya sekilas terlihat seperti lapis legit, tetapi teksturnya jauh lebih lembut. Berbeda dengan lapis legit, bahan dasar engkak berupa tepung ketan. Rasanya manis dan gurih, biasanya dijadikan snack atau menu sarapan.

2. Gabing

via wawainews.id

Gabing merupakan masakan khas Lampung yang bentuknya menyerupai sayur nangka, yaitu di masak dengan kuah santan. Namun demikian, bahan utama gabing adalah pucuk batang kelapa yang masih muda. Teksturnya cukup renyah dan punya rasa gurih juga asin.

3. Kripik Pisang Susu

via budaya-indonesia.org

Keripik pisang susu merupakan salah satu jajanan wajib kalau Sobat Halal main ke Lampung. Seiring perkembangan jaman, keripik pisang susu khas Lampung kini memiliki berbagai varian rasa yang menarik untuk dicoba loh!

4. Umbu

via budaya-indonesia.org

Makanan ini terbuat dari rotan loh Sobat Halal! Umbu berbahan utama batang rotan muda yang direbus hingga teksturnya menjadi empuk. Biasanya dihidangkan dalam bentuk oseng, lalap, campuran sop, atau dibumbui dan digoreng layaknya bakwan.

5. Geguduh

via instagram.com/masakanindonesia1

Geguduh adalah kue tradisional Lampung yang terbuat dari tumbukan pisang kepok yang telah matang, selai, susu, gula dan tepung. Setelah adonan set, maka adonan digoreng bertahap dan menghasilkan kue dengan warna coklat keemasan dengan aroma yang menggoda.

6. Seruit

via instagram.com/dettycatering2021

Seruit merupakan olahan ikan tawar goreng atau tawar yang dibumbui atau disiram campuran sambal terasi, irisan mangga muda dan tempoyak. Aromanya menggugah selera, rasa pedas, asam dan manisnya pun menggugah selera!

7. Kopi Lampung

via instagram.com/nurmanputraragiel

Yang satu ini jangan ketinggalan Sobat Halal, apalagi kalau kalian doyan kopi. Kopi Lampung terkenal punya cita rasa yang halus tapi rasanya tetep nendang loh, nyesel pasti kalau gak nyobain!

8. Pisro

via jejamo.com

Pisro adalah olahan ikan betok atau tembakang yang dilumuri bumbu. seperti cabe, jeruk nipis, bawang merah, bawang putih, asam jawa dan gula merah. Kuah pisro punya tekstur agak kental, selain itu rasanya gurih, asam dan juga pedas-manis memikat loh.

9. Sambal Asam Kembang

via kulinerkota.com

Sambal satu ini bukan terbuat dari asam dan bunga ya, Sobat Halal, melainkan terbuat dari terasi, cabai, buah kemang dan bumbu lainnya. Rasanya gurih dan asam, cocok banget dimakan dengan ikan goreng atau pun bakar.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk Kuliner Khas Lampung
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar