Share artikel ini:


Kota di Pantai Utara Jawa yang dikenal sebagai penghasil udang ini dikenal memiliki segudang pilihan kuliner. Empal Gentong adalah salah satu makanan yang paling kerap terdengar, tapi ternyata bukan hanya Empal Gentong, masih ada banyak daftar makanan khas Cirebon yang wajib dicicip loh!

Ini beberapa makanan khas Cirebon yang boleh Sobat Halal coba saat jalan-jalan ke Cirebon.

1. Mie Koclok

Mie Koclok ( foto: Pawon Boncu)

Selain nama mie yang terdengar nyeleneh, kuah mie yang tebuat dari kaldu ayam ini juga unik karena berwarna putih kental seperti saus krim. Mie Koclok disajikan bersama suwiran ayam, irisan daun bawang, kol, tauge dan telur rebus.

2. Empal Asem

Empal Asem (foto: Fajar Adiartha via TripAdvisor.com)

Berbeda dari empal gentong yang berkuah kental dengan aroma khas kunyit dan santan, kuah Empal Asem ini berwarna bening dan memiliki rasa asam yang didapat dari belimbing wuluh. Meski pun demikian, isian keduanya tetap sama.

3. Sate Kalong

Sate Kalong (foto: airyrooms.com)

Sate Kalong adalah kuliner tradisional Cirebon. Meski pun bernama Sate Kalong bukan berarti sate ini memakai daging kalong lho, kenyataannya sate ini terbuat dari daging kerbau. Dinamakan Sate Kalong karena penjual sate ini hanya berjualan di malam hari.

4. Docang

Docang (foto: Cahyo Ramadhani)

Makanan ini biasa ditemui saat waktu sarapan. Docang berisi daun singkong, kucai, dan tauge yang disajikan bersama potongan lontong, parutan kelapa, dan kerupuk lalu disiram dengan kuah oncom.

5. Pedesan Entog

Pedesan Entog (foto: radarcirebon.com)

Makanan ini berbahan dasar daging entog. Daging entog ini dimasak bersama rempah sehingga bau daging yang biasanya anyir menjadi gurih dan memiliki rasa yang pedas. Selain aromanya yang menggugah, daging entognya dikenal sangat lembut.

6. Urab Terasi

Urap Terasi (foto: cookpad.com)
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu
[Total: 2 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar