Share artikel ini:


Festival memiliki peran penting dalam mempertahankan tradisi dan warisan budaya, serta memberikan hiburan dan kesenangan kepada masyarakat. Festival menghubungkan generasi sekarang dengan masa lalu, merayakan peristiwa budaya, musim, dan kegiatan pertanian, serta memberikan kesempatan untuk bersenang-senang dan menghilangkan kepenatan sehari-hari. Selain itu, festival juga dapat menjadi sarana promosi pariwisata dan menggerakkan ekonomi lokal.

Festival selalu menjadi kegiatan penuh keseruan yang ditunggu-tunggu. Ada berbagai festival di dunia yang dirayakan secara unik dan aneh. Ingin tahu keanehannya? Yuk kita lihat apa saja itu!

#1 Cinco De Mayo, Mexico

Cinco De Mayo merupakan perayaan kemenangan atas peperangan yang terjadi di Puebla atas penjajahan Prancis. Meskipun perayaan ini tidak dirayakan di seluruh daratan Mexico karena dianggap tidak begitu penting, tetapi perayaan ini sangat meriah di Puebla sampai-sampai banyak yang mengira bahwa Cinco De Mayo merupakan Hari Kemerdekaan Mexico.

Cinco De Mayo (via macaulifestyle.com)

Perayaan Cinco De Mayo biasanya dilakukan dengan parade musik, tari-tarian, makanan dan minuman. Uniknya, nama Cinco De Mayo ini justru kerap dicatut untuk musim dalam game online, diskon belanja dan promosi lain di beberapa negara.

#2 Takoage, Jepang

Takoage adalah festival layang-layang yang diadakan saat tahun baru di Jepang. Meskipun festival ini tidak mendunia, tetapi masyarakat Jepang sangat menantikannya penuh suka cita. Layang-layang yang diterbangkan ini memiliki kerangka atau tulang dari bambu. Atau ranting cemara.

Sedangkan kulit layang-layang terbuat dari kertas washi yang dihiasi dengan berbagai motif atau corak cerah dari tinta yang diberi pewarna alami.

Takoage Gassen (@japancandybox)

Festival ini sangat dilestarikan, salah satu langkah pemerintah adalah membangun museum layang-layang di Tokyo dengan koleksi kurang lebih 3.500 layang-layang, baik dalam 2 dimensi mau pun 3 dimensi.

Uniknya, festival layang-layang di Jepang dilakukan beberapa kali dalam setahun dengan tujuan yang berbeda-beda. Namun, jika bicara tentang perayaan terbesar, biasanya terjadi di pada tanggal 3 hingga 5 Mei di Prefektur Shizuoka dan dijuluki Takoage-Gassen.

#3 La Tomatina, Spanyol

La Tomatina adalah festival unik di Spanyol yang terkenal dengan perang tomat massal yang terjadi setiap tahunnya. Festival ini berlangsung di kota Bunol, di Provinsi Valencia, pada hari Rabu terakhir bulan Agustus.

La Tomatina (via bigbreaks.com)

La Tomatina memiliki asal-usul yang menarik. Ceritanya bermula pada tahun 1945 ketika sekelompok pemuda sedang berada dalam parade musik di kota Bunol. Salah satu pemuda jatuh dari arak-arakan tersebut dan menjadi marah. Ia menyerang toko buah-buahan terdekat dan mengambil tomat, lalu melemparkannya ke orang-orang di sekitarnya. Insiden ini berulang di tahun-tahun berikutnya hingga akhirnya menjadi tradisi yang diadakan secara resmi.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk festival-festival unik ini
[Total: 2 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar