instagram @wisatakawahputih
Share artikel ini:


Apa yang terlintas di kepala Sobat Halal saat mendengar nama ‘hutan mati’ disebut? Meskipun namanya terkesan seram, faktanya hutan ini justru sangat eksotis.

Hutan mati adalah hutan yang pohonnya meranggas atau menghitam akibat fenomena alam. Siapa sangka hutan-hutan yang meranggas sebagian akibat fenomena alam atau kecelakaan tersebut justru memberikan daya tarik tersendiri bagi Sobat Halal pecinta travelling atau fotografi.

Di Indonesia, terdapat beberapa hutan mati yang menarik untuk dikunjungi. Ayo kita lihat 5 di antaranya!

1. Gunung Dempo

instagram @samalazzz

Gunung Dempo terletak di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Kota penghasil Kopi Robusta ini memiliki wisata hutan mati yang disebut rimau.

Hutan mati akan bisa diketemukan jika Sobat Halal memilih jalur pendakian melalui Tugu Rimau, jalur ini merupakan jalur pendakian yang kerap dipilih oleh para pendaki yang sudah senior.

Selain curam dan terjal, jalur ini didominasi oleh batu cadas dan merupakan habitan hewan buas seperti Harimau Sumatera. Hutan mati di Gunung Dempo terbentuk dari kebakaran hutan yang terjadi pada tahun 2015-2016 lalu.

Berbeda dengan hutan mati lainnya, hutan ini memiliki barisan pohon mati yang lebih rapat dan padat. Jangan heran jika tempat ini terlihat sangat luar biasa eksotis.

2. Gunung Papandayan

instagram @ratnafatimah_63

Gunung ini terletak di Kota Garut, Jawa Barat. Berbeda dengan hutan mati di Gunung Dempo, hutan mati di Gunung Papandayan justru berada di jalur pendakian yang landai sehingga aman bagi pemula.

Kawasan hutan mati juga berada tak jauh dari area parkir kendaraan dan area untuk mendirikan. Konon kawasan hutan mati dengan lokasi landai yang lapang ini terbentuk akibat letusan berapi terjadi ratusan tahun silam. Datang ke tempat ini akan membuat Sobat Halal tak berhenti mendecakkan kekaguman.

3. Gunung Talang

instagram @tsanjaya_
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk destinasi wisata hutan mati
[Total: 5 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar