Share artikel ini:


Bagi banyak orang berendam di air hangat sangat disukai karena memberikan efek relaksasi terhadap tubuh. Dan jika berendam di sumber mata air panas alami, selain efek relaksasi ternyata juga banyak memberikan manfaat yang lain.

Sepanjang sejarah mata air panas diyakini sebagai tempat untuk terapi dan meremajakan kulit. Meski saat ini manfaat tersebut seringkali diabaikan, diremehkan, dan dianggap hanya mitos semata.

Namun faktanya, manfaat pemandian air panas alami bukan hanya mitos. Kini bahkan ada cabang ilmu yang khusus mempelajari soal itu, dikenal sebagai “balneologi” yang berarti “pengobatan penyakit dengan mandi”. Ilmu pengetahuan mulai membuktikan banyak manfaat sumber mata air panas alami yang tadinya dilakukan secara tradisional.

Beruntung kita di Indonesia memiliki banyak tempat wisata sumber mata air panas alami atau hot spring dan dengan pemandangan yang menakjubkan. Tentu saja tempat ini cocok bagi Sobat Halal yang ingin memperoleh manfaat kesehatan sambil berelaksasi menikmati hot spring alami.

Berikut hotspring alami terindah yang ada di Indonesia!

1. Maribaya, Lembang

Maribaya Natural Hotspring (via idetrips.com)

Maribaya natural hot spring merupakan tempat pemandian air panas yang lokasinya berada di tengah rimbunnya pepohonan. Gemericik air yang mengalir dan kesejukan udara di sekitarnya akan menambah kenikmatan saat berendam di air hangat tersebut. Asik kan!?

2. Ciater, Subang

Pemandian Air Panas Ciater (via bandoeng.co.id)

Tak begitu jauh dari Maribaya hot spring, jika Sobat Halal mengambil arah ke barat menuju Kota Subang, Sobat Halal bisa menemukan sumber mata air panas alami lainnya di daerah Ciater, Kabupaten Subang.

Berada diantara perkebunan teh pemandian air panas Ciater merupakan tempat pemandian air panas yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dulu loh!

Selain berendam di kolam, Sobat Halal juga bisa menikmati air panas di aliran sungai yang berbatu. Tapi hati-hati licin ya!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Sumber Mata Air Panas Alami
[Total: 4 Rata-rata: 4.8]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar