Suasana-sekitar-goa-Pindul-di-Jogja-sumber-ig-@dindanatameliaa-fdd5395a
Share artikel ini:


Bagi Sobat Halal yang jenuh dengan atmosfer perkotaan yang serba cepat dan instan, kehidupan desa yang berjalan lambat dan sarat akan nilai moral menjadi menarik untuk dijalani. Jogja selalu menawarkan suasana yang ramah, atmosfer yang asyik dan penuh kesederhanaan.

Pengalaman semacam ini mengesankan banyak wisatawan baik domestik maupun internasional. Nilai budaya khas diperkenalkan pada wisatawan, mengajak mereka untuk ikut bertani, membuat kerajinan, dan kembali ke alam.

Berikut ini 6 desa wisata di Yogyakarta yang akan sangat seru untuk Anda kunjungi bersama keluarga ataupun teman-teman.

1. Desa Wisata Bejiharjo

Termasuk desa yang cukup dikenal di Yogyakarta. Di desa ini terdapat beberapa wisata alam yang dapat kamu eksplorasi seperti: Goa Sriti, Goa Pindul, Goa Gelatik, dan masih banyak lagi. Aktivitas yang bias dilakukan sangat seru mulai dari body rafting atau jeep offroad. Desa ini berlokasi di Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul.

Off road menyusuri sungai (foto via visitingjogja.com)

2. Desa Wisata Tanjung

Di sini ditawarkan suasana tradisional khas masyarakat Jawa, kamu bisa langsung merasakan aktivitas masyarakat lokal mulai dari membatik, membajak sawah, hingga memanen hasil sawah. Lokasi desa ini tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih 5 KM dari Monumen Jogja Kembali (Monjali) atau tepatnya berada di Desa Dono Harjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Makan di Desa Wisata Tanjung (foto via visitingjogja.com)

3. Desa Wisata Kasongan

Desa yang cukup familiar bagi masyarakat Yogyakarta, maupun wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Kerajinan gerabah di sini menjadi daya tarik yang sangat kuat karena kerajinan dari tanah liat itu dikembangkan menjadi lebih variatif sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar dan sudah menembus pasar dunia.

Bahkan barang kerajinan di Desa Kasongan bukan hanya barang-barang dari tanah liat/ gerabah, tetapi saat ini warga Kasongan telah memanfaatkan bahan-bahan lainnya yang banyak terdapat di lingkungan sekitar seperti batok kelapa, bambu, rotan, kayu, dan lainnya untuk diolah menjadi barang hiasan yang memiliki nilai lebih tinggi. Kasongan secara administratif berada di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta atau berjarak kurang lebih 7 km ke arah selatan Kota Yogyakarta.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar