Share artikel ini:


Brunei Darussalam adalah sebuah negara yang terletak di pulau Kalimantan, Indonesia. Negara ini memiliki luas sekitar 5.765 km persegi dan memiliki populasi sekitar 450.000 jiwa pada tahun 2021. Brunei Darussalam merupakan salah satu negara dengan populasi terkecil di dunia.

Negara ini terbagi menjadi dua wilayah utama, yaitu Wilayah Brunei-Muara yang terletak di bagian utara pulau dan Wilayah Tutong yang terletak di bagian tengah pulau. Brunei Darussalam juga memiliki beberapa kepulauan kecil di sekitarnya, seperti Pulau Temburong dan Pulau Labuan.

Brunei Darussalam merupakan salah satu negara dengan tingkat urbanisasi yang tinggi, dengan sebagian besar penduduknya tinggal di kota-kota besar seperti Bandar Seri Begawan, ibu kota negara ini. Negara ini juga merupakan salah satu negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang rendah di dunia.

Untuk mencapai Brunei Darussalam bisa melalui transportasi udara, atau jika Sobat Halal punya hobi menikmati overland trip, perjalanan bisa lebih menarik lagi lewat darat. Karena meski waktu tempuhnya cukup lama, sekitar 18-20 jam, ada banyak kota yang bisa disinggahi sambil menikmati kuliner khasnya. Jalur darat dari Pontianak ke Brunei akan melewati beberapa kota di Kalimantan Barat dan Sarawak, Malaysia mulai dari Entikong, Sibu, Kuching, Bintulu, Miri.

Berikut ini adalah 6 tempat yang menarik untuk dikunjungi saat berwisata ke Brunei Darussalam:

1. Masjid Omar Ali Saifuddien

instagram.com/griffinshuny

Masjid ini merupakan salah satu masjid terindah di dunia yang terletak di tengah-tengah Sungai Brunei. Masjid ini dibangun pada tahun 1958 dan terdiri dari marmer putih yang dihiasi dengan hiasan emas yang indah.

2. Masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah

Foto: Koleksi HalalLifeID

Masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah adalah masjid terbesar kedua di Brunei yang terletak di Bandar Seri Begawan. Masjid ini dibangun pada tahun 1992 dan memiliki arsitektur yang indah dengan pengaruh Mughal India.

3. Istana Nurul Iman

via trvlguides.com

Istana ini merupakan istana resmi Sultan Brunei yang terletak di tengah-tengah kota Bandar Seri Begawan. Istana ini dibangun pada tahun 1984 dan merupakan istana terbesar di dunia dengan luas sekitar 2.152.782 meter persegi.

Namun di hari biasa istana ini tidak terbuka untuk umum, Sobat Halal hanya bisa berfoto di depan pintu gerbangnya. Tapi jangan khawatir, penjaganya sangat ramah, kadang mereka bersedia berfoto bersama. Jika Sobat Halal ingin masuk ke dalam area istana, datanglah pada Hari Raya Idul Fitri, karena pada saat itu Sultan membuka istananya untuk umum.

4. Pantai Serasa

instagram.com/rusdizwan

Pantai ini merupakan salah satu pantai terindah di Brunei Darussalam yang terletak di dekat Bandar Seri Begawan. Pantai ini menyajikan panorama yang indah dengan pemandangan laut yang biru dan pasir putih yang lembut.

5. Kampung Ayer

via tripadvisor.com

Kampung Ayer adalah sebuah kawasan pedesaan di atas air yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei. Kampung ini merupakan tempat tinggal yang unik yang terdiri dari beberapa ribu rumah di atas air yang terhubung dengan jembatan-jembatan kecil.

6. Taman Negara Ulu Temburong

via borneoadventure.com

Taman Negara Ulu Temburong adalah taman nasional terbesar di Brunei yang terletak di hutan hujan hulu sungai Temburong. Taman negara ini menawarkan pemandangan alam yang indah, serta peluang untuk menikmati berbagai aktivitas alam seperti menyusuri sungai, berkemah, dan menyelam.


Berikan bintang kamu untuk Brunei Darussalam
[Total: 5 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar