Mercusuar Pulau Lengkuas (foto: dw1 Damarnesia unsplash)
Share artikel ini:


Mercusuar atau lighthouse adalah bangunan tinggi di tepi laut yang digunakan untuk mengirimkan dan menerima sinyal navigasi bagi kapal-kapal laut dan juga pesawat terbang. Mercusuar memiliki tangga menuju ke atas sebuah menara tinggi yang dilengkapi dengan lampu sorot dan peralatan elektronik. Saat ini, mercusuar sering digunakan untuk mengirimkan sinyal radio navigasi bagi para pelaut.

Pada zaman dahulu sumber cahaya pada mercusuar menggunakan nyala api dari lampu minyak, tetapi kini lampu sorot elektrik dipakai sebagai sumber cahaya utama mercusuar. Sejarah mercusuar pertama kali ditemukan oleh orang Romawi kuno. Mereka menggunakan mercusuar untuk mengirimkan sinyal lampu sebagai tanda peringatan kepada para pelaut mengenai pantai yang berbahaya.

Pada abad ke-17, mercusuar mulai digunakan secara luas di seluruh dunia sebagai sistem navigasi bagi para pelaut. Mulai awal abad ke-19, selain dengan lampu elektrik mercusuar juga mulai menambahkan sinyal radio sebagai tanda navigasi bagi para pelaut. .

Meskipun bangunan mercusuar pada umumnya terlihat lawas dan biasa saja, lokasi dan keunikan bangunannya kerap menimbulkan decak kagum. Ada ribuan mercusuar di dunia, namun menurut halallife.id inilah 6 mercusuar dengan panorama terbaik, instagramable dan pastinya banyak didatangi turis!

1. Petit Minou, Prancis

Petit Minou (foto: William Bout via unsplash)

Petit Minou merupakan mercusuar terindah yang terletak di ujung Britany. Untuk mencapai mercusuar tersebut, Sobat Halal akan berjalan di jembatan yang kiri-kanannya terdapat batu karang, pasir putih dan laut dengan air toska-kebiruan. Saat cerah, tempat ini terlihat menakjubkan dan menjadi tempat wisata paling disukai di tripadvisor loh!

2. Tourlitis, Yunani

Tourlitis (foto: instagram.com/archaniotis)

Mercusuar Tourlitis terletak di Kota Andros, Yunani, dibangun pada tahun 1897 dan dijuluki The Symbol of Andros. Tourlitis merupakan mercusuar otomatis pertama kali yang ada di Eropa. Selain itu, bangunannya sangat unik dan merupakan satu-satunya mercusuar yang dibangun di atas batu karang di tengah laut.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk 6 Mercusuar ini
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar