Mercusuar Pulau Lengkuas (foto: dw1 Damarnesia unsplash)
Share artikel ini:


Mercusuar atau lighthouse adalah bangunan tinggi di tepi laut yang digunakan untuk mengirimkan dan menerima sinyal navigasi bagi kapal-kapal laut dan juga pesawat terbang. Mercusuar memiliki tangga menuju ke atas sebuah menara tinggi yang dilengkapi dengan lampu sorot dan peralatan elektronik. Saat ini, mercusuar sering digunakan untuk mengirimkan sinyal radio navigasi bagi para pelaut.

Pada zaman dahulu sumber cahaya pada mercusuar menggunakan nyala api dari lampu minyak, tetapi kini lampu sorot elektrik dipakai sebagai sumber cahaya utama mercusuar. Sejarah mercusuar pertama kali ditemukan oleh orang Romawi kuno. Mereka menggunakan mercusuar untuk mengirimkan sinyal lampu sebagai tanda peringatan kepada para pelaut mengenai pantai yang berbahaya.

Pada abad ke-17, mercusuar mulai digunakan secara luas di seluruh dunia sebagai sistem navigasi bagi para pelaut. Mulai awal abad ke-19, selain dengan lampu elektrik mercusuar juga mulai menambahkan sinyal radio sebagai tanda navigasi bagi para pelaut. .

Meskipun bangunan mercusuar pada umumnya terlihat lawas dan biasa saja, lokasi dan keunikan bangunannya kerap menimbulkan decak kagum. Ada ribuan mercusuar di dunia, namun menurut halallife.id inilah 6 mercusuar dengan panorama terbaik, instagramable dan pastinya banyak didatangi turis!

1. Petit Minou, Prancis

Petit Minou (foto: William Bout via unsplash)

Petit Minou merupakan mercusuar terindah yang terletak di ujung Britany. Untuk mencapai mercusuar tersebut, Sobat Halal akan berjalan di jembatan yang kiri-kanannya terdapat batu karang, pasir putih dan laut dengan air toska-kebiruan. Saat cerah, tempat ini terlihat menakjubkan dan menjadi tempat wisata paling disukai di tripadvisor loh!

2. Tourlitis, Yunani

Tourlitis (foto: instagram.com/archaniotis)

Mercusuar Tourlitis terletak di Kota Andros, Yunani, dibangun pada tahun 1897 dan dijuluki The Symbol of Andros. Tourlitis merupakan mercusuar otomatis pertama kali yang ada di Eropa. Selain itu, bangunannya sangat unik dan merupakan satu-satunya mercusuar yang dibangun di atas batu karang di tengah laut.

Meskipun sempat hancur oleh bom milik German saat Perang Dunia ke II, mercusuar ini kembali di bangun berkat donasi Oil Tycoon Alexandros Goulandris untuk mengenang putrinya yang bernama Violanda. Pemandangannya gak perlu diragukan lagi, Sobat Halal pasti terpukau!

3. Tower of Hercules, Spanyol

Tower_of_Hercules (foto: Manuel Barroso parejo via unsplash)

Dikenal juga sebagai Torre de Hercules, lokasi mercusuar ini ada di Pelabuhan La Coruna, Galicia. Konon mercusuar ini merupakan mercusuar tertua di dunia yang masih berfungsi secara baik hingga saat ini, bahkan UNESCO menyebutkan Roman Tower of Hercules merupakan satu-satunya peninggalan Romawi yang masih terpelihara dengan baik.

Mercusuar ini punya tinggi 55 meter, dibangun pada pertengahan abad pertama dan direnovasi dengan gaya neoklasik pada tahun 1791. Meskipun peralatannya antik, hingga saat ini Roman Tower of Hercules masih dipakai untuk memberikan navigasi di Laut Atlantis, khususnya untuk pelayaran di laut Eropa bagian barat.

4. Cape Reinga Lighthouse, Selandia Baru

Cape Reinga Lighthouse (foto: Ethan Brooke via unsplash)

Mercusuar ini berdiri tegak di ujung paling utara New Zealand, tepatnya pada titik pertemuan antara Laut Pasifik dan Laut Tasman loh! Untuk menuju mercusuar ini ada banyak petunjuk dan jalan beraspal yang mulus, sehingga memudahkan Sobat Halal untuk berkunjung ke Cape Renga.

Menurut sejarah Bangsa Maori, lokasi Cape Renga merupakan tempat pulang para roh Bangsa Maori. Konon, mereka melompat dari ujung daratan menuju laut untuk kembali pulang ke tanah leluhur, Hawaiki.

5. Eldred Rock, Alaska

Eldred Rock (foto: Geoff Brooks via unsplash)

Eldred Rock Lighthouse dibangun pada tahun 1905 di atas pulau kecil bernama Eldred Rock yang digelilingi gunung raksasa berlapis salju di Alaska. Mercusuar ini telah beroperasi lebih dari 100 tahun lalu.

Eldred Rock merupakan mercusuar pertama di Alaska yang dibangun dengan beton, tingginya mencapai 57 kaki dan punya bentuk oktagon yang tidak presisi tapi tetap terlihat cantik loh untuk berfoto!

6. Mercusuar Pulau Lengkuas, Belitung

Mercusuar Pulau Lengkuas (foto: dw1 Damarnesia via unsplash)

Mercusuar di Pulang Lengkuas ini punya pemandangan yang tak kalah ciamik dari mercusuar lainnya loh. Mercusuar dengan 18 lantai ini merupakan bangunan peninggalan asli Belanda, catnya yang berwarna putih terlihat indah menjulang di pulau kecil yang dikelilingi air jernih, bebatuan granit dan pulau-pulau lain yang ada di sekitarnya. Keren!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk 6 Mercusuar ini
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar