Share artikel ini:


Fenomena desa wisata di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini sudah menjadi tren dan menjadi destinasi wisata favorit baru wisatawan domestik. Kunjungan ke desa wisata tak hanya menawarkan keindahan alam pedesaan, tapi juga keunikan seni serta budaya yang dimiliki desa yang bersangkutan.

Tak pelak tren ini pada gilirannya mampu menghidupkan perekonomian bagi masyarakat yang tinggal di desa yang bersangkutan. Mulai dari petugas parkir, jajanan dan kuliner lokal, produk kerajinan hingga penginapan.

Beberapa desa wisata berikut ini menawarkan keindahan alam pedesaan yang dibalut dengan keindahan seni dan budaya setempat. Sobat Halal yang butuh healing sambil bawa oleh-oleh karya seni, atau sekedar kenangan indah, yuk kita kunjungi beberapa desa wisata ini.

1. Desa Seni Pucang, Magelang – Jawa Tengah

Pengrajin tanduk kerbau di Desa Seni Pucang Magelang (foto via pulsk.com)

Sejak tahun 1990-an Desa Pucang sudah dikenal sebagai pusat kerajinan tanduk kerbau di Magelang, Jawa Tengah. Hasil karyanya bisa berupa gantungan kunci, sarung keris, gelang dan lain sebagainya.

Siapa sangka produk mereka sudah go international dan banyak diekspor ke Filipina, Amerika Serikat, Taiwan, Jepang dan Italia.

2. Desa Penglipuran, Bangli – Bali

Desa Penglipuran Bangli (foto via ayobali.net)

Desa Penglipuran merupakan desa yang terkenal paling bersih di dunia. Selain menarik karena alam, budaya dan makanan, desa ini juga dikenal akan kerajinannya yang menarik dan inovatif. Hasil kerajinan di desa ini kerap diserbu turis mancanegara loh!

3. Desa Kepuhsari, Wonogiri – Jawa Tengah

Gerbang Desa Kepuhsari (foto via twitter.com/DesaKepuhsari)

Desa yang menjadi pusat kerajinan dan edukasi wayang kulit ini terkenal dengan produk wayang kulitnya yang menduni loh! Selain untuk kepentingan pertunjukan, wayang kulit dari desa ini juga kerap dipilih sebagai koleksi pribadi. Wisatawan juga bisa belajar membuat wayang kulit di tempat ini!

4. Desa Sukararam, Lombok – Nusa Tenggara Barat

Desa Sukarara (foto via gerbanglombok.co.id)
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk desa wisata
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar