Ekonomi & Bisnis

Peluang Besar Kosmetik Halal Memasuki Pasar Halal Dunia

Bagikan

Industri kosmetik dan perawatan pribadi (personal care) adalah salah sektor manufaktur yang tumbuh dan berkembang seiring gaya hidup masyarakat untuk produk-produk ini. Potensi pasarnya masih bisa dimaksimalkan melalui branding dan desain produk yang tepat serta akses pasar ke luar negeri masih terbuka lebar.

Sementara di pasar dalam negeri Indonesia sendiri, pasar kosmetik adalah salah pasar yang cukup menjanjikan bagi produsen. Hal tersebut paralel dengan postur demografi populasi penduduk Indonesia dan juga seiring dengan meningkatnya tren masyarakat untuk kembali ke alam (back to nature) sehingga bisa mendorong timbulnya permintaan pasar akan inovasi baru berupa kosmetik yang berbahan baku alami.

Dari data ekspor sampai bulan Oktober 2020 penjualan produk kosmetik nasional mencapai USD389,7 juta. Memang mengalami penurunan cukup signifikan jika dibandingkan tahun 2019 yang mencapai USD506,6 juta. Tapi dari sisi impor, juga mengalami penurunan dari USD803,6 juta pada tahun 2019 menjadi USD507,7 juta pada bulan Oktober 2020. Penurunan ini terutama diakibatkan oleh adanya pandemi Covid-19 yang membuat hampir permintaan di semua sektor industri mengalami penurunan.

Hingga tahun 2019, berdasarkan data resmi pemerintah ada 797 industri kosmetik besar dan industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia. Angka ini mengalami kenaikan dari sebelumnya 760 perusahaan. Dari total 797 industri kosmetik nasional ada 294 industri yang terdaftar di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)..

Dilihat secara komposisi skala industrinya, sekitar 95% adalah industri kosmetik Indonesia dengan skala kecil dan menengah dan hanya sekitar 5% yang merupakan industri kosmetik dengan skala besar. Meski begitu beberapa industri kosmetik yang berskala menengah dan besar beberapa diantaranya sudah mampu mengekspor produknya ke luar negeri seperti ke Timur Tengah, ASEAN, Afrika, dll.

Yang menarik, dibandingkan pertumbuhan industri nasional pada tahun 2019 yang sebesar 5,02 persen pertumbuhan industri kosmetik pada tahun yang sama menunjukkan pertumbuhan lebih tinggi yaitu sebesar 7,23 persen.

Potensi Pasar Kosmetik Halal

Tumbuhnya permintaan akan produk-produk halal di berbagai negara baik yang mayoritas penduduknya beragama Islam, maupun negara dengan penduduk Muslim minoritas membuat permintaan terhadap produk kosmetik halal juga terus bertambah. Saat ini, beberapa produk kosmetik industri besar yang memiliki sudah sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) seperti Wardah, Sari Ayu, Zoya cometics, dan Make Over sudah mengekspor produk-produknya ke negara Malaysia dan Timur Tengah.

Laman: 1 2 3 4

Artikel Baru

7 Pilihan Restoran Siap Saji Populer di Arab Saudi

Bosan dengan kuliner siap saji yang itu-itu saja? Kini jika Sobat Halal sedang berkunjung ke…

24 Feb 2024

Mengenal Halal Japan, Aplikasi yang Bikin Sobat Halal Nyaman Saat Liburan ke Jepang

Dari tahun ke tahun permintaan wisata ke Negeri Sakura semakin meningkat, bahkan warga negara Indonesia…

23 Feb 2024

Masjid Tertua dan Salinan Tangan Al-Qur’an di Cape Town, Afrika Selatan Ternyata Dibangun oleh Bangsawan Tidore Loh!

Siapa sangka Afrika Selatan memiliki sejarah yang erat sekali kaitannya dengan Indonesia? Sejarah ini bermula…

22 Feb 2024

Ternyata Ada Fasilitas Musholla di Kyoto Tower, Salah Satu Menara Ikonik di Jepang

Sobat Halal tak perlu khawatir lagi ketinggalan waktu sholat saat berkunjung ke Kyoto Tower, sebab…

21 Feb 2024

Sering Dikira Tidak Halal tapi Justru Bakso Pinggir Jalan ini Sudah Bersertifikat Halal

Sudah pernah menikung di Jl. Johar Nurhadi, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta, tepat di samping RS Bethesda?…

20 Feb 2024

Star Forts, Tren Benteng Abad Ke-15 yang Menawan

Star forts adalah benteng yang berbentuk bintang dan memiliki banyak julukan lain, seperti Benteng Selekoh,…

23 Jan 2024