Ilustrasi: Laryssa Suaid via pexels
Share artikel ini:


Eucalyptus adalah salah satu tanaman endemik yang berasal dari Australia. Daerah penyebaran pohon ini meliputi Papua Nugini, Indonesia dan Filipina. Eucalyptus termasuk dalam keluarga myrtle. Aromanya termasuk dalam aroma yang kuat dan kaya seperti aroma kayu yang bercampur resin, hutan pinus, jeruk dan mint. Sekilas aromanya sedikit mirip dengan rosemary, kuat, segar dan menenangkan.

Kebanyakan tanaman eucalyptus tidak bertahan di suhu dingin, ketahanannya hanya mencapai suhu -3⁰ C hingga -5⁰ C. Selain itu pohon eucalyptus sangat mudah terbakar dan dahannya mudah jatuh loh, Sobat Halal!

Uniknya, sekalipun mudah terbakar, kebanyakan eucalyptus memiliki biji yang tahan api . Oleh karena itu, tidak heran jika setelah hutan kebakaran hebat, tunas-tunas sehat eucalyptus pun bermunculan dengan cepat.

Pohon Eucalyptus Deglupta (via treeworldwholesale.com)

Tidak hanya unik, eucalyptus ternyata memiliki banyak manfaat. Dilansir dari Currency Creek Arboretum, buku penelitian tentang eucalyptus, tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk kecantikan, kesehatan, kerajinan, bahan kertas, perawatan gigi dan tubuh, kebersihan dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Wah, dilihat dari manfaatnya, ternyata kita sangat dekat dengan eucalyptus ya, Sobat Halal! Yuk kita cari tahu apa saja manfaat eucalyptus yang sudah sering kita manfaatkan!

  1. Aromaterapi

Hasil distilasi eucalyptus menghasilkan minyak esensial (essential oil) dengan tingkatan terapeutik yang mempu digunakan untuk kepentingan terapi atau perawatan medis terhadap sakit tertentu. Dalam bentuk minyak esensial, eucalyptus bisa dalam bentuk difuse (diuapkan) ke udara atau diluted (dicairkan) untuk dioleskan pada permukaan kulit.

Penggunaan bisa disesuaikan kebutuhan Sobat Halal, selain memiliki aroma yang menenangkan, eucalyptus dapat melegakan tenggorokan dan menghangatkan tubuh. Namun demikian, penggunaan yang berlebihan dapat memicu reaksi toksin pada tubuh, sehingga tidak dianjurkan terlalu sering.

  1. Shampoo & Conditioner

Eucalyptus banyak digunakan dalam produk shampoo atau conditioner. Pada umumnya ekstrak eucalyptus dikombinasikan bersama mint dan tea tree.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Eucalyptus
[Total: 4 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar