Daun dan bunga Harungana Madagascariensis (foto Denis Barthel via wikipedia.org)
Share artikel ini:


Memiliki kulit cantik yang mulus dan bersinar adalah impian banyak kaum hawa. Sehingga tak heran ada banyak produk-produk kecantikan perawatan kulit atau skincare yang menawarkan bisa membuat kulit cantik yang mulus dan bersinar.

Namun sayangnya kadang-kadang ada beberapa produsen produk skincare terutama yang ilegal alias tidak memiliki izin dari BPOM RI menggunakan bahan-bahan yang berbahaya yang dalam penggunaan jangka panjang bukannya mempercantik kulit namun malah merusaknya.

Karenanya, saat ini penggunaan bahan-bahan alami atau ekstrak dari bahan-bahan alami menjadi tren bagi produsen skincare terkemuka sehingga tujuan agar kulit cantik mulus dan bersinar bisa diraih dengan cara yang aman.

Salah satu bahan alami yang belum banyak dikenal tetapi sudah mulai digunakan oleh beberapa produsen skincare atau kosmetik terkemuka adalah Harungana Madagascariensis.

Apa itu Harungana Madagascariensis?

Menurut situs Wikipedia, Harungana Madagascariensis biasa juga dikenal sebagai Dragon’s Blood Tree, Orange-milk Tree atau Haronga, adalah pohon kecil lebat yang biasanya tingginya berkisar antara 4m sampai 7m, tetapi kadang-kadang dapat tumbuh hingga 25 meter. Cabang-cabangnya keluar dari batang silinder. Mahkotanya tampak berwarna hijau keemasan. Kulit kayu tampak berwarna merah marun dan retakan vertikal. Sisiknya disusun secara vertikal dan dapat dipipihkan dengan mudah.

Pohon itu dapat segera dikenali dari getah jingganya yang hampir berpendar dari potongan-potongan yang dikupas dari batangnya. Getah jingga keluar saat daun dicabut atau cabang patah. Sebagian besar permukaan pohon ditutupi dengan rambut bintang. Saat rusak, kulitnya mengeluarkan getah berwarna oranye itulah kenapa disebut juga sebagai pohon Dragon’s Blood Tree alias Pohon Darah Naga.

Getah dari batang pohon Harungana Madagascariensis (Foto: Matthew Walters via pattheplants.blogspot.com)

Pohon yang “Menyembuhkan”

Harungana Madagascariensis sering juga disebut sebagai pohon dengan manfaat regenerasi yang kuat. Di sisi lain Harungana juga mendorong reboisasi dengan kemampuannya untuk tumbuh di tanah tandus di Madagaskar dan Afrika. Tanaman ini juga sudah lama terkenal dengan manfaat anti-inflamasi dan anti-oksidan.

Berikan bintang kamu
[Total: 2 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar