Pawai Obor (via twitter @jjkxdestiny)
Share artikel ini:


Umat muslim di seluruh dunia selalu menyambut datangnya Ramadhan dengan penuh suka cita. Ramadhan lebih dari sekadar melaksanakan kewajiban ibadah puasa, Ramadhan juga adalah bulan suci yang dihiasi juga oleh perayaan dan tradisi yang mengambil akar budaya dan sejarah setempat.

Di seluruh dunia, umat Islam menyambut momen Ramadhan dengan meriah dengan tradisi unik yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Ramadhan merupakan bulan kesembilan dari kalender lunar Islam berlangsung antara 29-30 hari – bergantung pada penampakan bulan baru atau hilai. Bulan ini juga merupakan bulan diturunkannya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW pada tahun 610 M.

Untuk menunjukkan rasa sukacitanya ada banyak cara menyambut datangnya Ramadhan yang unik dan sesuai dengan budaya dan kebiasaan setempat, mulai dari ritual mandi di Indonesia hingga menyalakan lentera di Mesir.

Yuk kita lihat bagaimana Ramadhan dirayakan di negara-negara di seluruh dunia.

1. Padusan: Mandi Menyambut Bulan Ramadhan | Indonesia

Padusan di Umbul Cokro (foto: metrotvnews.com)

Sobat Halal mungkin sudah familiar dengan berbagai tradisi membersihkan diri untuk menyambut Ramadhan di seluruh penjuru Indonesia. Salah satu contohnya seperti Padusan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Padusan berasal dari kata “adus” dalam Bahasa Jawa yang berarti mandi. Padusan adalah ritual mandi di sumber mata air dengan berendam.

Dahulu ritual padusan ini biasanya diadakan di mata air yang dipilih oleh tetua atau pemimpin agama setempat. Tapi di zaman sekarang ritual ini bebas dilakukan di manapun; danau, kolam renang, bahkan di rumah sendiri.

2. Nyekar: Mengunjungi Makam Kerabat atau Orang Tua | Indonesia

Nyekar (foto: HalalLifeID)

Selain padusan, muslim di banyak daerah di Indonesia melakukan nyekar atau mengunjungi makam keluarga atau orang tua yang sudah mendahului dan dilakukan sebelum bulan suci dimulai.

Berikan bintang kamu untuk Tradisi Unik Menyambut Ramadhan
[Total: 4 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar