Share artikel ini:


Basmina adalah bisnis roti olahan yang dirintis oleh Rachma di Kota Semarang. Sebelum merintis bisnis yang telah dilakoni selama 2 tahun ini, Rachma sendiri merupakan seorang pegawai perusahaan swasta yang akhirnya memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga demi membersamai tumbuh kembang buah hatinya.

“Lebaran tahun 2019 dulu saya juga sempat menjual kue kering seperti nastar dan kastengel, untuk mengisi waktu luang dan agar tetap produktif, toh, mumpung ada momentumnya,” terang Rachma.

Namun, pada tahun 2020, ternyata Indonesia mengalami pandemi Covid 19. Mau tidak mau, aktifitas keluarga lebih banyak di rumah. Ruang gerak dan kegiatan terbatas, rasa bosan pun melanda. Namun, Rachma berhasil menemukan solusi atas rasa bosannya dengan mengolah kreatifitas diri dengan memperkaya pengetahuan seputar baking.

“Waktu itu, bulan Mei 2020, saya iseng tanya suami, mau dibikinin apa? Ternyata suami pengennya roti pisang,” kenang Rachma.

Dari permintaan suaminya itulah, Rachma mulai sering belajar membuat roti pisang yang lezat. Trial and error kerap ia alami, tapi lambat laun, kerja kerasnya memupuk rasa percaya diri. Rachma mulai menawarkan roti pisangnya melalui media sosial, facebook dan whatsapp. Saat itu, nama Basmina disematkan pada produknya. Basmina sendiri memiliki arti ‘senyum’ dalam bahasa Indonesia.

Rachma memilih bisnis ini bukan tanpa pertimbangan matang, “milih bisnis ini karena saya tidak begitu jago masak masakan rumahan, kalau baking kan jelas, ada takaran pastinya, sehingga bisa saya pelajari seiring berjalannya waktu.”

Rachma juga memiliki keinginan untuk mengembangkan bisnisnya hingga bisa membuka lapangan kerja untuk lingkungan di sekitarnya. Selain itu, ia ingin Basmina selalu ada di hati para pembelinya, sehingga bisa mendapatkan pembeli yang royal untuk kelangsungan bisnisnya. Menjaga dan meningkatkan kualitas serta kuantitas menurut Rachma adalah kuncinya.

Sedangkan target untuk beberapa tahun ke depan, Rachma ingin memiliki kedai kecil untuk sekedar minum teh atau ngopi agar produk Basmina dapat dikenalkan ke pasar secara langsung.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Basmina Cake and Bakery
[Total: 6 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar