Pulau Berhala Serdang Bedagai (via kemdikbud.go.id)
Share artikel ini:


Indonesia adalah negara kepulauan atau archipelago, tak mengherankan jika Indonesia memiliki gugusan pulau-pulau terluar. Mengutip situs kpp.go.id, Indonesia memiliki sebanyak 111 pulau terluar yang tersebar di seluruh wilayah NKRI.

Meskipun masih merupakan bagian dari Indonesia, pulau-pulau tersebut letaknya sangat dekat dengan perbatasan negara lain. Bahkan, salah satunya merupakan pintu terakhir menuju lautan lepas.

Pulau-pulau terluar ini letaknya memang terpencil dan terasing, namun bagi Sobat Halal pecinta wisata petualangan atau antimainstream pulau-pulau tersebut menarik untuk dikunjungi, meski tentu butuh usaha lebih untuk mencapainya. Walau begitu beberapa diantara pulau terluar ini memiliki potensi pariwisata yang unggul dengan keindahan alamnya yang masih belum terlalu tersentuh moderenisasi. Penasaran kan? Jalan-jalan yuk!

1. Pulau Rondo

Pulau Rondo merupakan wilayah paling utara dari Republik Indonesia dan merupakan titik 0 dari Indonesia yang sesungguhnya. Secara administratif Pulau Rondo merupakan bagian dari wilayah Kota Sabang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan berbatasan langsung dengan Pulau Nikobar, India. Mengingat kemudahan aksesnya titik nol kilometer Indonesia dipindahkan ke Kota Sabang

Pulau Rondo tak berpenghuni dan mengingat posisinya yang strategis ada beberapa pos pengamanan yang dijaga oleh aparat TNI, menara mercusuar, dan pangkalan helikopter. Aksesnya memang agak sulit dan jaraknya yang cukup jauh hanya bisa ditempuh dengan perahu motor atau helikopter..

Pulau ini memiliki hutan lebat dan pasir putihnya. Selain itu, kehidupan bawah lautnya sangat kaya dan semarak. Sobat Halal bisa berenang, memancing, snorkeling atau menjelajah hutan di pulau ini.

2. Pulau Asu

Pulau Asu terletak di Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, tepat di bibir Samudera Hindia. Namanya memang unik sesuai dengan bentuk pulaunya yang juga unik. Jika dilihat dari atas, pulau ini menyerupai bentuk anjing.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar