instagram @yuk_ke_sabang
Share artikel ini:


Titik 0 KM merupakan penanda geografis suatu wilayah. Titik 0 KM juga dikenal sebagai kilometer nol, biasanya lokasinya ditandai sebagai rujukan koordinat awal atau titik pusat suatu wilayah. Keberadaan titik ini berfungsi sebagai acuan untuk mengukur jarak antarwilayah, baik kota maupun negara.

Selain itu, titik nol juga dipakai sebagai acuan atau referensi lokasi berbagai pembangunan untuk sebuah wilayah. Bahkan beberapa di antara menjadi destinasi wisata dan spot fotografi yang ciamik. Wah, ada di mana saja ya titik 0 km di Indonesia? Cari tahu yuk!

  1. Sabang

Titik 0 km di Sabang merupakan titik nol kilometer negara Indonesia karena menjadi ujung terjauh di barat Indonesia loh, Sobat Halal! Lokasi tugu ini terletak di kawasan hutan wisata Sabang, yakni di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya. Jaraknya hanya 29 km dari Kota Sabang dan tempat ini banyak didatangi pengunjung dari berbagai kalangan.

Instagram @zela_zeftia

Jika Sobat Halal mengunjungi titik 0 km Sabang, pemerintah setempat akan memberikan piagam atau sertifikat sebagai bentuk apresiasi bahwa Sobat Halal sudah mengunjungi tempat ini. Keren kan?!

  1. Merauke

Jika Sabang adalah penanda nol kilometer ujung barat Indonesia, maka Merauke adalah penanda nol kilometer ujung timur yang berada di antara perbatasan Indonesia dan Papua Nugini. Lokasi titik 0 km ini berada di Distrik Sota.

Instagram @risayustar_

Dari Kota Merauke ke Distrik Sota, Sobat Halal harus menempuh perjalanan sejauh 80 km. Lumayan juga ya!? Tapi jangan sedih, sebab Sobat Halal akan melewati Taman Nasional Wasur yang terkenal indah dan asri. Foto di tempat ini akan semakin sempurna jika dilengkapi dengan pakaian adat khas daerah setempat loh!

  1. Yogyakarta

Haduh, siapa sih yang belum pernah main ke Yogyakarta? Kota yang konon terbilang romantis ini juga memiliki titik 0 km di lokasi bangunan-bangunan bersejarah loh, Sobat Halal! Lokasinya tepat di mana Kantor Pos Besar dengan bangunan khas kolonial berdiri, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati, Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar