Share artikel ini:


Kota adalah hasil sejarah panjang peradaban manusia. Kota-kota di awal sejarah seringkali berupa pemukiman besar di mana penduduknya tidak lagi hanya petani yang bercocok tanam di daerah sekitarnya, tetapi beraneka ragam pekerjaan lainnya mulai dilakukan, seperti perdagangan, penyimpanan makanan, pendidikan, dan kekuasaan politik dipusatkan.

Berbeda dengan pemukiman awal manusia di era pertanian yang umumnya selalu bertempat di daerah yang subur dan di dekat sumber air, kota dipilih biasanya karena lokasinya yang strategis sebagai titik temu. Kota dalam perjalanan sejarahnya kemudian memiliki fungsi utama sebagai pusat perdagangan, pusat pendidikan dan pusat pemerintahan. Gedung-gedung dibangun untuk memfasilitasi tiga fungsi utama itu.

Hari ini, kota-kota besar di dunia bahkan menjelma menjadi kota modern megapolitan, dengan populasi yang mencapai jutaan jiwa, gedung-gedung pencakar langit dan kendaraan yang menciptakan kemacetan dan polusi. Tapi di balik gemerlap kota-kota modern, kota-kota kuno di awal peradaban yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu ternyata masih ada sampai sekarang dan menjadi daya tarik wisata.

Berikut adalah kota-kota tertua di dunia yang asyik untuk Sobat Halal jelajahi!

  1. Aleppo, Suriah

Meskipun sempat luluh lantak pada tahun 2016 lalu, kota tua bernama Aleppo yang berada di Suriah ini tidak kehilangan pesonanya. Kota yang mendapat gelar sebagai situs warisan dunia pada tahun 1986 oleh UNESCO ini diperkirakan terus-menerus didiami dan menjadi kota tertua yang paling sibuk sejak abad ke-3 SM berdasarkan tulisan kuno yang digali di Ebla dan Mesopotamia. Bahkan Allepo juga menjadi pusat perdagangan dan keahlian militer.

Pemandangan Kota Aleppo dilihat dari Benteng (Kredit: againstthecompass.com)

Aleppo terkenal akan keindahan arsitektur abad pertengahan dan warisan tradisionalnya. Selain itu, pada tahun 2006 Allepo memenangkan gelar “Ibu Kota Budaya Islam” berkat restorasi tempat-tempat bersejarah di sekitarnya.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu
[Total: 4 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
1 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Dinilai
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar