Share artikel ini:


Di Indonesia, kurma adalah buah yang identik dengan Bulan Ramadhan atau oleh-oleh haji. Biasanya kurma dijadikan menu takjil atau bahkan suguhan di meja tamu. Buah kurma yang biasanya dijual adalah buah kurma yang sudah dikeringkan secara alami. Sehingga tak heran gula alaminya keluar dan memberi rasa manis khas kurma. Ada juga yang dijual dalam bentuk buah segar.

Tahukah Sobat Halal? Pohon kurma yang berasal dan katanya hanya bisa hidup di iklim Timur Tengah ternyata juga bisa tumbuh di Indonesia loh!

Perbedaan iklim, musim dan kondisi tanah tentu merupakan faktor utama yang mempengaruhi kualitas rasa buah kurma. Namun, tidak perlu khawatir, rasa buah kurma dari Indonesia tidak kalah nikmat dari buah kurma yang berasal dari Timur Tengah.

Penasaran kan? Piknik dulu ke kebun kurma yang ada di Indonesia yuk!

1. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

Foto via mediaanalisindonesia.co.id

Berawal dari kerjasama Yayasan Ukhuwah Datu dan pemerintah daerah, ribuan bibit kurma telah disebar pada tahun 2016 demi kesejahteraan masyarakat dengan sistem bagi hasil. Pohon-pohon kurma tersebut berhasil di panen pada Oktober 2021.

Buah kurma yang dipanen cita rasanya menyerupai kurma yang berasal dari Jordania, loh, Sobat Halal. Kurma hasil panen diperkebunan tersebut pada umumnya berwarna hijau (khalal) dan ruthab (setengah matang). Per kilonya dihargai sebesar Rp200-250 ribuan.

2. Pasuruan, Jawa Timur

Foto via dakatour.com

Di Pasuruan terdapat kebun kurma seluas 3,7 hektar yang dikelilingi pagar beton setinggi 3 meter. Kebun ini mulai dikenal sejak tahun 2017 lalu. Tak hanya kebun kurma, food court, arena bermain, replika Kabah, waterpark dan fasilitas lainnya juga ada di tempat ini loh.

Istimewanya, kebun kurma di Pasuruan terdiri dari beberapa varian, yaitu Ajwah, Madjoel, Barhee, Lulu, Sultana, Sayer, Khilaf, dan kurma liar asli Indonesia pun juga ada. Rasa buah kurma dari kebun Pasuruan ini terkenal manis, sehingga diminati banyak kalangan.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Kebun Kurma di Indonesia
[Total: 4 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar