Ilustrasi oleh Tom Patterson, www.shadedrelief.com
Share artikel ini:


Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memiliki 17.499 pulau besar dan kecil. Tapi hanya sekira 6.000 pulau yang dihuni oleh penduduk. Luas wilayah total Indonesia menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan RI adalah 7,81 juta km persegi yang terdiri dari 3,25 juta km persegi wilayah lautan, 2,55 juta km persegi wilayah Zona Ekonomi Eksklusif dan 2,01 juta km persegi wilayah daratan.

Dari 10 pulau terluas di Indonesia di bawah ini, 2 pulau di antaranya berada di urutan kedua dan ketiga pulau terluas di dunia. Berikut urutan 10 pulau terluas di Indonesia.

1. Papua

Papua berada di urutan pulau terluas di Indonesia dan kedua di dunia. Pulau yang berada di ujung paling timur Indonesia ini secara politis berbagi wilayah dengan negara Papua Nugini. Secara geografis luas Pulau Papua mencapai 786.000 km persegi. Papua terkenal dengan kekayaan alamnya. Salah satu tambang terbesar di dunia yaitu Freeport ada di wilayah Papua.

2. Kalimantan

Pulau terluas kedua di Indonesia adalah Kalimantan dengan luas mencapai 743.330 km persegi. Pulau Kalimantan berada di urutan ketiga pulau terluas di dunia. Secara politis Indonesia berbagi wilayah Pulau Kalimantan dengan 2 negara lainnya yaitu Malaysia dan Brunei di bagian utara pulau tersebut.

Pulau Kalimantan adalah pulau besar di Indonesia yang tidak berada di garis cincin api (ring of fire) sehingga bisa dikatakan pulau ini relatif aman dari bencana gempa bumi. Di pulau ini juga tidak terdapat gunung berapi.

3. Sumatra

Berada di urutan ketiga pulau terluas di Indonesia dan keenam di dunia, Luas Pulau Sumatera mencapai 473.481 km persegi. Pulau Sumatera pernah menjadi salah satu pusat kerajaan besar di wilayah Nusantara yaitu Kerajaan Samudera Pasai dan Sriwijaya.

4. Sulawesi

Pulau Sulawesi dengan luas 180.681 km persegi adalah pulau terluas keempat di Indonesia dan kesebelas di dunia.

5. Jawa

Pulau Jawa dengan luas 128.297 km persegi adalah pulau terluas kelima di Indonesia dan ke-13 di dunia. Meski berada di urutan kelima tetapi Pulau Jawa adalah pulau terpadat nomor 1 di Indonesia. Sekira 56 persen penduduk Indonesia tinggal di pulau ini.

Berikan bintang kamu untuk 10 Pulau Terbesar Indonesia
[Total: 4 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar