Kredit foto: Francesco Ungaro via unsplash
Share artikel ini:


Taman merupakan tempat untuk menghabiskan waktu bagi semua orang, piknik atau berkejar-kejaran kerap kita saksikan di tempat tersebut. Namun, apa jadinya kalau tamannya berupa taman bawah laut? Tentu saja penghuni dan aktivitasnya jauh berbeda.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan terkenal dengan keindahan lautnya. Selain pantai, ternyata Indonesia punya taman bawah laut yang jadi magnet para wisatawan domestik dan mancanegara. Wah, taman laut apa saja ya? Yuk kita selami satu per satu!

1. Kepulauan Karimunjawa

Karimunjawa berada di lepas pantai Kota Jepara. Bagi peminat snorkeling dan diving, Kepulauan Karimunjawa merupakan pilihan yang tepat karena ada banyak spot yang bisa didatangi di tempat tersebut, yaitu Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Bengkoang, Pulau Geleang, Pulau Katang, Pulau Kembar, Pulau Krakal Kecil,  Pulau Parang dan Pulau Kumbang.

Sobat Halal dapat menyaksikan keindahan ratusan jenis karang, ganggang, ribuan ikan karang, dan biota laut yang unik seperti kima, penyu sisik, atau penyu hijau.

2. Teluk Cenderawasih

Yang satu ini letaknya berada di Indonesia bagian Timur, yakni Papua Barat. Keindahannya tidak perlu diragukan lagi, apalagi Teluk Cenderawasih menyandang gelar Taman Nasional Laut terluas di Indonesia.

Sobat Halal bisa menyaksikan biota unik seperti ikan duyung, anemon, bahkan hiu paus yang penyebarannya hanya ada di Papua, Afrika Selatan, Filipina, dan Australia. Konon hiu paus tersebut dapat hidup hingga mencapai usia 150 tahun loh! Selain itu berbagai jenis penyu langka, paus dan lumba-lumba hidup di tempat itu juga.

3. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan gugus kepulauan yang terbentuk dari koloni binatang karang yang mati ribuan tahun dan berjumlah 78 pulau. Bawah lautnya dihuni oleh kima raksasa, kima pasir, abalone kuda laut, lobster, ikan fishir, kelinci laut, penyu dan udang mantis.

Karena banyaknya pulau yang ada di tempat tersebut, sejauh ini tercatat 19 spot snorkeling atau diving yang digemari para wisatawan domestik mau pun mancanegara.

4. Takabonerate

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Taman Bawah Laut Indonesia
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar