Share artikel ini:


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengunggah cuitan di akun twitter-nya tentang 5 ikon makanan halal Indonesia untuk mendukung promosi pariwisata halal. Kelima makanan halal tersebut adalah Soto, Rendang, Nasi Goreng, Sate dan Gado-gado.

Sandiaga mengatakan makanan halal berpotensi menjadi bagian dari perluasan layanan pariwisata halal. Banyaknya wisatawan muslim yang berkunjung ke Indonesia, terutama dari Timur Tengah akan menjadi peluang besar untuk mempromosikan makanan halal di Indonesia.

Lima ikon makanan makanan halal itu pasti sudah sangat akrab dengan lidah kita, tapi apakah sudah tahu beberapa fakta unik makanan-makanan tersebut? Yuk kita simak apa saja itu.

1. Soto

Soto Kudus (via instagram @kuthokudus)

Soto mungkin bukan makanan yang benar-benar asli dari Indonesia. Sebagian literatur mengatakan soto adalah makanan yang dibawa oleh para pendatang Tiongkok pada awal abad ke-19.

Seorang Indonesianis asal Prancis Denys Lombard, mengatakan kata soto berasal dari bahasa Cina dialek hokian yaitu caudo atau jao to. Dalam dialek hokian, caudo atau jao to berarti ‘rerumputan’ jeroan atau jeroan berempah

Walau begitu soto sudah mengalami evolusi dan adaptasi dengan bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang ada di seantero Nusantara. Dan makanan soto, hampir semua daerah di Indonesia memiliki kekhasannya. Tak tanggung-tanggung ada 75 jenis soto di Indonesia seperti diungkap dari hasil penelitian yang dilakukan oleh pakar kuliner tradisional Murdijati Gardjito dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Lihat saja mulau dari wilayah barat Indonesia ada Soto Aceh, Soto Medan, Soto Padang, Soto Tenggiri dan lainnya. Lalu di Jakarta ada Soto Betawi dan Soto Tangkar. Sementara di Sunda ada Soto Bandung, Soto Banten, Soto Mie, Soto Kuning. Lalu di Jawa Tengah ada Soto Pekalongan, Soto Kudung, Soto Kediri, Soto Kuali.

Berikan bintang kamu untuk 5 Ikon Makanan Halal Indonesia
[Total: 5 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar