Rinjani, Sembalun Lawang (kredit foto: Eugene Chow via unsplash)
Share artikel ini:


Indonesia memiliki kekayaan tujuan wisata, baik wisata kuliner, wisata sejarah, wisata belanja, wisata bahari, dan wisata alam. Sementara secara tematik, Indonesia juga unggul sebagai salah tujuan utama wisata halal dunia. Dan kini  Kemenparekraf sedang gencar mempromosikan wisata tematik lainnya melalui sport tourism alias wisata olah raga.

Salah satu kegiatan favorit dalam sport tourism adalah pendakian gunung atau hiking. Ada ratusan gunung untuk didaki, dan 7 gunung diantaranya dikenal sebagai puncak tertinggi di Indonesia. Sobat Halal pecinta hiking mungkin tertantang untuk menaklukkan Seven Summit berikut ini. Kita intip puncak gunung mana saja itu.

  1. Puncak Jaya

Dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl, Puncak Jaya, Papua New Guinea, yang juga dikenal sebagai Carstensz Pyramid ini menempati posisi nomor satu. Untuk menuju ke puncak ada dua jalur yang bisa dilalui, yakni Illaga dan Sugapa.

Kredit instagram @petualangsantaiindonesia_

Meskipun di puncak sangat indah dan berlapis salju abadi, untuk mendaki gunung berjenis limestone ini diperlukan keterampilan seorang profesional. Wow!

  1. Kerinci

Gunung ini menempati nomor dua dengan ketinggian 3.805 mdpl. Lokasinya yang berada di Kawasan Taman Nasional Seblat, yang berada di antara perbatasan Jambi dan Sumatera Barat, membuat Kerinci mudah untuk disukai wisatawan.

Kredit instagram @maharanie33_

Tidak hanya itu, Gunung Kerinci juga digelari sebagai Tropical Rainforest Heritage of Sumatera karena keragaman tanaman hutan hujan yang dimilikinya. Keren ya!

  1. Rinjani

Rinjani merupakan gunung berapi aktif tertinggi yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan menempati posisi ketiga dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl. Pendakian untuk mencapai puncak Rinjani ada dua, yakni Senaru dan Sembalun.

Kredit instagram @afriana_tria
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Seven Summit of Indonesia
[Total: 4 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar