Share artikel ini:


Retinol merupakan bentuk sintetis vitamin A yang kerap digunakan untuk menolak tanda-tanda penuaan. Berdasarkan beberapa penelitian, retinol bermanfaat dalam mengurangi jerawat dan kerutan pada kulit dengan meningkatkan proses regenerasi pada kulit.

Namun demikian, tidak semua orang memilih retinol untuk dimasukkan ke dalam skincare rutin karena tergolong bahan aktif dengan reaksi yang cukup signifikan pada kulit atau karena kondisi kulit terlalu sensitif. Hal itu terutama bagi para “retinol virgin” atau mereka yang belum pernah menggunakan retinol sering merasa ragu dan khawatir jika menggunakan retinol.

Tenang saja, ternyata ada banyak alternatif alami skincare pengganti retinol yang bisa Sobat Halal pilih. Selain berasal dari bahan alami, khasiatnya tidak kalah dari retinol itu sendiri. Cari tahu lebih jauh bareng HalallifeID yuk, lanjut scroll!

#1 Rambutan

Ilustrasi: Roman Odintsov via pexels

Rambutan merupakan salah satu buah tropis yang mudah ditemukan di Indonesia. Secara alami, rambutan mengandung antioksidan dan karoten yang sangat tinggi. Baik buah atau pun ekstrak kulitnya dapat membantu membangun sel-sel pada kulit, mencerahkan, hingga merawat tanda-tanda penuaan pada kulit. Selain itu, karakternya sangat lembut sehingga tidak mengiritasi, bahkan untuk ibu hamil serta ibu menyusui.

#2 Carrot Seed Oil

via getnaturalessentialoils.com

Carrot seed oil juga dijuluki sebagai natural retinol terbaik loh! Carrot seed oil didapat dari ekstrak biji wortel liar atau Daucus carota yang memiliki warna kuning kecoklatan dengan aroma earthy yang menenangkan.

Carrot seed oil mengandung antioksidan, vitamin A dan vitamin C, vitamin E yang tinggi, sehingga dapat mencerahkan, merawat jerawat, merawat tanda penuaan, melembabkan dan mengencangkan kulit.

#3 Rosehip Oil

via puresense.co.in

Tidak jauh berbeda dengan carrot seed oil, rosehip oil juga memiliki antioksidan, vitamin A, vitamin C. Rosehip oil dikenal ampuh dalam mengencangkan kulit, mencerahkan kulit hingga menyamarkan flek hitam atau noda bekas jerawat dan menghidrasi kulit sehingga kulit sehat dan kenyal.

#4 Azelaic Acid

via facetheory.com

Azelaic acid mungkin dampaknya tidak seampuh retinol, tetapi azelaic acid terbukti ampuh dalam menanggulangi jerawat tanpa memberikan risiko yang berarti seperti salicylic acid pada ibu hamil atau menyusui sekaligus menjadi agen anti aging yang efektif. Namun demikian, penggunaan azelaic acid harus diimbangi dengan hidrasi yang kuat seperti penggunaan retinol.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk artikel ini
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar