via planetnatural.com
Share artikel ini:


Birch, atau biasa disebut betula, sebagian besar populasinya ditemukan di belahan bumi bagian utara, Eropa, Amerika Utara, Asia, Inggris, dan sisanya di Afrika Utara. Pohon ini tumbuh dengan cepat, akarnya berpotensi merusak benda-benda yang ada di sekitarnya seperti pipa tanah atau kabel dalam tanah.

Meskipun demikian, pohon ini sangat rindang, kerap jadi bahan dasar kertas, dan punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh hingga kulit. Tidak heran jika birch kerap menjadi salah satu bahan unggulan pada toner wajah atau facial wash.

Sebelum membahas manfaat birch lebih jauh, kira-kira ada kandungan apa saja sih di dalamnya? Berdasarkan penjelasan seorang apoteker bernama Weleda, Evelyn Liddell, birch kaya akan nutrisi. Beberapa di antaranya adalah 17 asam amino, fosfor, kalium, asam folat, vitamin A, B3, B5, C, antioksidan, dan tembaga.

Mari kita intip manfaat birch untuk kecantikan kulit yuk!

#1 Meratakan Warna Kulit

Birch memiliki kandungan B3 yang tinggi. B3 sendiri merupakan nama lain niacinamide yang dapat mencerahkan dan mencegah penumpukan melanin pada kulit. Birch mampu menyamarkan flek akibat paparan sinar matahari pada kulit, menyamarkan noda jerawat, dan menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

#2 Menjaga Skin Barrier

Kandungan vitamin C dan mineral dalam birch dapat membantu kulit dalam meningkatkan produksi kolagen secara alami, melindungi kulit dari efek paparan sinar matahari, dan mencegah kulit kehilangan kelembaban.

#3 Mempercepat Penyembuhan Luka pada Permukaan Kulit

Dilansir dari Medical News Today, birch mengandung B5 yang ampuh dalam mendorong penyembuhan luka dan melembabkan kulit, termasuk menyembuhkan luka yang diakibatkan oleh jerawat.

#4 Merawat Tanda Penuaan

Kandungan antioksidan, Vitamin A, dan C yang tinggi pada birch dapat menyamarkan garis-garis halus pada wajah. Vitamin A juga dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit yang keriput atau menua.

Salah satu skincare yang berbahan dari Birch (via birchbarkbotanicals.com)

***

Ternyata khasiat birch sangat banyak bukan? Selain dimanfaatkan sebagai bahan toner dan facial wash, birch juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus. Namun demikian, penggunaan birch secara topikal dapat mengakibatkan reaksi alergi pada sebagian orang. Sobat Halal dapat melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu ya!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk manfaat Birch untuk kecantikan kulit
[Total: 2 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar