Share artikel ini:


Pernahkah Sobat Halal mendengar tentang Palau? Palau juga dikenal sebagai Republic of Palau, yaitu negara kepulauan di Samudera Pasifik yang terletak di antara Papua Barat Daya, Maluku Utara, Sulawesi Utara, dan Filipina.

Wilayah Palau terdiri dari 8 pulau utama dan kurang lebih 250 pulau-pulau kecil yang tersebar di perairan Palau. Berdasarkan catatan sejarah, pulau-pulau di Palau ini sudah dihuni sejak tahun 3 hingga 2 SM.

Pulau ini mulai terekspos ke dunia luar sejak kedatangan Bangsa Spanyol pada abad ke-15 dan mulai dilirik Eropa sejak abad ke-17. Sejak saat itu, Palau mengalami perebutan oleh Spanyol, Eropa, Inggris, Filipina, dan Amerika hingga akhirnya berhasil merdeka pada tanggal 1 Oktober 1994 melalui Perjanjian Nauru.

Negara kepulauan ini tentu mencuri banyak perhatian dan tanda tanya, mengingat lokasinya yang berada di antara barisan mutiara Indonesia Timur dan sekitarnya yang terkenal dengan keindahan alam tropis serta eksotis. Hanya saja tidak semua orang mengetahui tentang surga yang tersembunyi ini, sehingga kali ini halallife.id ingin mengajak Sobat Halal mengenal Palau dengan keindahan wisatanya lebih jauh lagi.

Sudah siap? Lanjut scroll yuk!

#1 Rock Islands Southern Lagoon

Rock Islands merupakan salah satu spot wisata terbaik di Palau. Rock Islands merupakan kumpulan pulau-pulau batu kapur yang terbentuk dari gunung berapi yang menyembul tak beraturan dari permukaan laut menyerupai jamur yang ditumbuhi pepohonan hijau. Luas Rock Islands mencapai 100.200 ha dengan 445 pulau kecil dan merupakan rumah bagi 385 spesies karang, termasuk terumbu serta hewan endemis lain.

Foto: Luka Peternel Own work, CC BY-SA 4.0

Seluruh pulau di Rock Islands tidak berpenghuni, tetapi pernah ditemukan seni dari batu cadas, kompleks pemakaman, dan sisa-sisa sebuah desa yang menunjukkan bahwa dulunya pernah ada penduduk di pulau-pulau tersebut sekitar abad ke-17 hingga 18. Snorkeling di Rock Islands akan memberikan pengalaman berbeda untuk Sobat Halal, terutama adanya kompleks terumbu karang di bawah air yang menampilkan keindahan biota laut dan ratusan terumbu.

Namun, perlu diketahui Rocks Island juga merupakan rumah bagi 11 spesies hiu dan stingray, sehingga tidak bisa sembarang diselami dan harus hati-hati ya! Palau juga merupakan salah satu Natural World Heritage Site yang hingga kini menjadi wilayah observasi UNESCO.

#2 Jellyfish Lake

Jellyfish Lake atau Danau Ubur-ubur ini merupakan salah satu spot yang berada di salah satu pulau di area Rock Islands yang bernama Pulau Eil Malk. Sebenarnya, ada 70 lebih danau laut seperti di Eil Malk, tetapi danau ubur-ubur yang satu ini merupakan spot paling digemari karena setiap hari terjadi migrasi ubur-ubur dari danau laut satu ke yang lainnya, di danau Eil Malk inilah migrasi yang terbanyak dan mudah dilihat.

Foto: Lukas via flicker

Jenis ubur-ubur yang bermigrasi adalah golden jellyfish yang terkenal ramah manusia dan tidak menyengat. Selain itu, ada juga spesies moon jellyfish yang berwarna pucat. Danau ini memiliki struktur karang Miocene yang sangat tua, keberadaan danau ini sendiri diperkirakan telah mencapai 12.000 tahun.

Mengingat usianya yang sangat tua, Sobat Halal perlu sangat hati-hati menyelam di danau ini. Terlebih lagi, ubur-ubur ditempat ini sangat dilindungi dan mudah terluka oleh peralatan selam para pengunjung.

#3 Milky Way

Jika milky way di langit malam terlalu tinggi untuk Sobat Halal capai, maka milky way di Palau adalah satu-satunya milky way yang bisa Sobat Halal capai di dunia ini. Milky Way di Palau merupakan jalur perairan kecil yang merupakan pemisah antar pulau satu dengan lainnya di Rock Islands.

via asherworldturns.com

Mengingat pulau ini terbentuk dari aktifitas vulkanik jutaan tahun lalu, terdapat selat-selat kecil dengan tekstur air yang lebih kental daripada area lain akibat adanya kandungan lumpur. Efeknya, para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dapat menikmati sensasi bagai mandi susu di alam terbuka yang indah, kulit pun juga menjadi lembut karena manfaat lumpur vulkanik alami yang ada di dalamnya.

Perairan di milky way cenderung berwarna toska susu, unik ya? Jangan kaget ya, jika naik dari perairan milky way sehabis berenang tubuh Sobat Halal dipenuhi lumpur! Momen tersebut justru jadi hal menarik yang kerap diabadikan wisatawan dalam foto liburan mereka.

#4 Ngardmau Falls

Selain Pulau Una-Una di Indonesia, Air Terjun Ngardmau yang ada di Palau ini juga masuk ke dalam jajaran spot ikonik di laman Lonely Planet.

Air terjun ini masih sangat perawan dan sangat sulit untuk dicapai, tetapi kesulitan akan terbayar tuntas saat Sobat Halal berhasil mencapai lokasi Ngardmau yang berada di area puncak tertinggi Gunung Ngerchelchuus, di Pulau Babeldaob, Palau.

via alluringworld.com

Tinggi air terjun ini mencapai 20 meter dengan lebar yang cukup besar dan kolam yang luas untuk para pemgunjung berenang. Airnya sangat jernih dan dingin loh, Sobat Halal! Sampai di sini bisa membayangkan mandi di kolam alam terbuka dikelilingi vegetasi alami yang ciamik dan menarik, bukan?

#5 Kayangel Island

Atoll penuh koral yang indah dan sepi ini bisa jadi tempat pelarian Sobat Halal dari hiruk pikuk dunia. Atoll yang menakjubkan dan sunyi ini berada 50 km di utara pulau utama Palau.

Berhubung lokasinya cukup terpencil, aktifitas yang dapat dilakukan di pulau ini tak jauh dari snorkeling, diving dan berenang. Namun demikian, Sobat Halal tidak akan pernah menyesal berkunjung ke tempat ini karena keindahannya yang di atas rata-rata. Kayangel dihuni sekitar 138 penduduk sipil.

via unusualtraveler.com

Kerennya, seluruh penduduk di Kayangel memiliki aturan tegas, yakni baik penghuni maupun pengunjung dilarang keras membuang sampah sembarangan. Tempat sampah merupakan benda wajib yang harus ada di depan rumah, termasuk di dalam rumah. Tidak heran atoll satu ini sangat terjaga keindahannya, bahkan Kayangel terkenal dengan airnya yang berwarna toska jernih dan pantai perawan berpasir putih yang cantik.

Perlu Sobat Halal ketahui, atoll ini juga merupakan pusat reservasi kura-kura hijau, kura-kura hawksbill, terumbu karang dan koral langka. Kayangel Island juga disebut Kayangel Islet, sebab Kayangel merupakan rumah bagi kelima pulau kecil yang ada di barisan Kayangel Island. Keren, ya?!

***

Itulah 5 spot menarik sekaligus menantang yang ada di Palau. Fakta mengejutkan tentang Palau yang perlu Sobat Halal ketahui, yaitu pernah menjadi tempat syuting drama Korea nge-hits berjudul “The Legend of The Blue Sea” dan film “Journey 2 : The Mysterious Island” yang dibintangi oleh Dwayne Johnson. Tertarik mengunjungi Palau? Pastikan kesiapan fisik, mental dan finansial Sobat Halal ya!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Republic of Palau
[Total: 2 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar