Foto oleh Molydar-Souama via unsplash
Share artikel ini:


Laos memang bukan tujuan wisata favorit di Asia Tenggara seperti Thailand atau Singapura, namun Laos punya keindahan tersendiri untuk dikunjungi terutama bagi para backpacker yang senang bertualang. Apalagi sebagai anggota negara-negara ASEAN, pemegang paspor Indonesia tidak butuh visa.

Keindahannya Laos semakin istimewa saat Luang Prabang, salah satu kota tertua di Laos, mulai terekspos dan dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Luang Prabang sendiri memiliki alam yang eksotis, budaya dan bangunan penuh sejarah yang masih terawat hingga kini.

Untuk makanan halal di Laos memang agak menantang karena belum banyak restoran halal. Untuk menyiasatinya Sobat Halal bisa mencari makanan halal di restoran-restoran India, Bangladesh atau Pakistan. Tapi tentunya harus dipastikan dulu sebelum memesan. Salah satu restoran halal yang terkenal di kalangan pelancong Muslim adalah Nazim di Vientiane

Restoran Halal Nazim di Vientiane, Laos (foto: Krish Sankisa-via tripadvisor)

Di luar urusan makanan halal, inilah 6 spot wisata favorit di Laos, yuk kita cek satu per satu!

1. Wat Xieng Thong

Wat Xieng Thong merupakan kompleks kuil Buddha, di dalam kompleksnya terdapat bangunan-bangunan kuil yang dilengkapi ukiran serta ornamen yang detil, dan halaman yang sangat luas. Kuil ini sangat tenang dan dekat dengan muara Sungai Mekong, di sana Sobat Halal bisa membeli gelang yang dibuat oleh para biksu sebagai souvenir atau oleh-oleh.

2. Kuang Si Waterfall

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Sackda Phommavong (@sackda)

Kuang Si Falls juga dikenal sebagai Tat Kuang Si, ia juga dijuluki sebagai Mother of all waterfall. Kuang Si tergolong sebagai air terjun pendek. Namun demikian, Kuang Si bertingkat tiga dan memiliki banyak kolam berwarna toska hingga disebut ’emerald water pool’ karena keindahannya yang luar biasa.

Ada banyak spot foto di alam menanti di Kuang Si, terlebih lagi nuansa tenang dan kesan ‘kuno’ terkesan dengan jelas di tempat ini. Jalan menuju Kuang Si juga mudah diakses, sehingga bisa dikunjungi keluarga dan anak-anak.

3. Patuxai, Vientiane

Patuxai merupakan monumen perang yang didirikan pada tahun 1957-1968 untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam usaha memerdekakan Laos dari Prancis. Tidak mengherankan jika gaya bangunannya memiliki perpaduan unsur antara Laos dan Eropa, sehingga membuatnya terlihat semakin unik, bukan?

Patuxai memiliki 7 lantai dan atap berukirkan Dewa Wisnu, Brahma dan Indra yang didominasi warna biru langit. Ukirannya terbuat dari emas asli loh, keren ya!?

4. Mekong River

Mekong merupakan sungai terpanjang ketiga di Kawasan Asia Tenggara, sungai ini melintas sepanjang Vietnam, Thailand, China, Cambodia, Myanmar dan Laos. Sumber air sungai ini berasal dari lelehan salju yang ada di Tibetan Himalayas yang berada di Yunnan, Cina. Selain jadi zona ekonimi Laos, Sungai Mekong juga dikenal sebagai harta karun biologis nomor dua setelah Sungai Amazon.

Hal ini dikarenakan adanya ratusan lebih temuan tanaman, ikan, amphibi dan mamalia di Sungai Mekong dari yang statusnya langka dan tidak diketahui bisa dijumpai di sungai ini. Mekong juga merupakan rumah bagi habitat ikan-ikan besar, termasuk Siamese Crocodile, Sarus Crane, Mekong Giant Catfish, Mekong Stingray, Mekong Giant Ibis dan Irrawady River Dolphin.

Oleh karena itu, Sobat Halal tidak dianjurkan masuk sembarangan ke dalam sungai. Sebagai alternatif, Sobat Halal bisa menyusuri Sungai Mekong dengan Shompoo Cruise, yakni salah satu kapal kayu yang mewah dan indah dengan fasilitas cukup lengkap. Makan siang di Sungai Mekong di atas Shompoo Cruise, menarik kan?!

5. Luang Prabang Royal Palace

Royal Palace juga dikenal sebagai Haw Kham, dibangun pada masa kepemimpinan Raja Sisavang Vong pada era penjajahan Prancis tahun 1904 dan diresmikan pada tahun 1909. Kini tempat tersebut menjadi spot wisata yang menarik untuk dikunjungi, terlebih gaya bangunannya memiliki perpaduan unik Laos dan Eropa.

Sobat Halal bisa jalan-jalan sambil belajar sejarah dan budaya di sini. Selain itu, di sekitar Royal Palace terdapat banyak pilihan hotel untuk menginap, puas-puasin belajar sejarah dan budaya ya!

6. Wat Wichunnaraj

Pada umumnya dikenal sebagai Wat Wisunarat atau Wat Visoun, kuil ini dibangun pada abad ke-16 dan terkenal dengan stupa berkubah bunga lotus yang dijuluki ‘kubah semangka’ oleh masyarakat setempat.

Kuil ini merupakan kuil tertua di Luang Prabang dan aktif sebagai museum artefak religius hingga saat ini. Meski pun gaya bangunannya di dominasi oleh Laos, tetapi atapnya memiliki sentuhan gaya Eropa sehingga membuatnya menjadi kuil tua yang sangat unik.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk wisata Laos
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar