Share artikel ini:


Peluang bisnis halal di Indonesia pada tahun 2023 terlihat sangat menjanjikan. Hal ini mengingat Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, sehingga pasar untuk produk dan layanan halal selalu terbuka lebar.

Selain itu produk dan layanan bisnis halal, bukanlah sesuatu yang eksklusif karena bisa dikonsumsi oleh seluruh masyarakat dari berbagai latar belakang. Makanan halal atau produk keuangan syariah misalnya bisa dikonsumsi oleh seluruh masyarakat apapun agamanya.

Jika Sobat Halal bermaksud memulai bisnis halal pada tahun 2023 ini adalah saat yang tepat. Berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat peluang bisnis halal di Indonesia pada tahun 2023 sangat layak untuk dikerjakan:

1. Peningkatan konsumsi produk halal:

Konsumsi produk halal di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, terutama di kalangan muslim. Hal ini menjadikan peluang bisnis halal semakin menarik bagi pelaku bisnis.

Industri halal telah membuktikan kinerja positif di tengah tekanan ekonomi di seluruh dunia akibat pandemi COVID-19. Sebelum memasuki pandemi pada tahun 2019, industri halal mencatatkan pertumbuhan sebesar 3,2 persen, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi global sebesar 2,3 persen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di acara peluncuran secara daring, program kerjasama industri halal pada 14 April 2021 mengungkapkan “Secara global, pengeluaran untuk produk halal pada 2019 sebelum COVID-19 terjadi, terutama untuk produk makanan, farmasi, kosmetik, fashion, dan travel mencapai US$2,02 triliun.”

“Sementara itu pengeluaran domestik untuk produk dan layanan halal mencapai sekitar US$184 miliar pada tahun 2020 dan diperkirakan akan tumbuh 14,96 persen menjadi sekitar $282 miliar pada tahun 2025,” kata Juda Agung, Deputi Gubernur Bank Indonesia dalam forum bisnis Indonesia Halal Market, World Expo 2020 Dubai 14 Maret 2022

2. Meningkatnya minat terhadap kehidupan sehat:

Foto ilustrasi: HalalLifeID

Masyarakat Indonesia kini lebih menyadari pentingnya menjalani gaya hidup sehat, termasuk dalam pilihan makanan yang dikonsumsi. Halalan toyyiban, sesuatu yang halal pasti baik, adalah premis yang mendukung bisnis yang menyediakan produk makanan dan minuman halal yang sehat dan berkualitas akan memiliki peluang yang lebih besar karena konsumennya tidak terbatas hanya pada konsumen Muslim saja.

3. Peningkatan daya beli:

Foto ilustrasi: HalalLifeID

Pemerintah Indonesia menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2023 sebesar 5,3 persen. Hal ini tentunya akan berdampak pada meningkatnya daya beli masyarakat.

Peningkatan daya beli masyarakat Indonesia juga akan membuka peluang bisnis baru, termasuk bisnis halal. Orang-orang yang memiliki daya beli lebih tinggi cenderung lebih memilih produk dan layanan berkualitas, termasuk produk dan layanan halal.

4. Peningkatan akses terhadap informasi:

Menurut data Worldstat, pada tahun 2022 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 212,35 juta (76,5%) dan angka ini akan terus mengalami pertumbuhan signifikan pada tahun 2023.

Dengan semakin mudahnya akses terhadap informasi, masyarakat Indonesia kini lebih mudah mencari dan membandingkan produk dan layanan yang tersedia. Hal ini menjadikan peluang bisnis halal semakin terbuka bagi para pelaku bisnis yang menyediakan produk dan layanan yang berkualitas dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

5. Meningkatnya minat terhadap kegiatan sosial dan keagamaan:

Masyarakat Indonesia kini juga semakin sadar akan pentingnya kegiatan sosial dan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis yang menyediakan produk dan layanan yang mendukung kegiatan sosial dan keagamaan, termasuk wisata halal akan memiliki peluang besar.


Berikan bintang kamu untuk peluang bisnis halal
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar