Share artikel ini:


Peluang bisnis halal di Indonesia pada tahun 2023 terlihat sangat menjanjikan. Hal ini mengingat Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, sehingga pasar untuk produk dan layanan halal selalu terbuka lebar.

Selain itu produk dan layanan bisnis halal, bukanlah sesuatu yang eksklusif karena bisa dikonsumsi oleh seluruh masyarakat dari berbagai latar belakang. Makanan halal atau produk keuangan syariah misalnya bisa dikonsumsi oleh seluruh masyarakat apapun agamanya.

Jika Sobat Halal bermaksud memulai bisnis halal pada tahun 2023 ini adalah saat yang tepat. Berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat peluang bisnis halal di Indonesia pada tahun 2023 sangat layak untuk dikerjakan:

1. Peningkatan konsumsi produk halal:

Konsumsi produk halal di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, terutama di kalangan muslim. Hal ini menjadikan peluang bisnis halal semakin menarik bagi pelaku bisnis.

Industri halal telah membuktikan kinerja positif di tengah tekanan ekonomi di seluruh dunia akibat pandemi COVID-19. Sebelum memasuki pandemi pada tahun 2019, industri halal mencatatkan pertumbuhan sebesar 3,2 persen, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi global sebesar 2,3 persen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di acara peluncuran secara daring, program kerjasama industri halal pada 14 April 2021 mengungkapkan “Secara global, pengeluaran untuk produk halal pada 2019 sebelum COVID-19 terjadi, terutama untuk produk makanan, farmasi, kosmetik, fashion, dan travel mencapai US$2,02 triliun.”

“Sementara itu pengeluaran domestik untuk produk dan layanan halal mencapai sekitar US$184 miliar pada tahun 2020 dan diperkirakan akan tumbuh 14,96 persen menjadi sekitar $282 miliar pada tahun 2025,” kata Juda Agung, Deputi Gubernur Bank Indonesia dalam forum bisnis Indonesia Halal Market, World Expo 2020 Dubai 14 Maret 2022

2. Meningkatnya minat terhadap kehidupan sehat:

Foto ilustrasi: HalalLifeID
Berikan bintang kamu untuk peluang bisnis halal
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar