Foto ilustrasi: Mufid Majnun via unsplash
Share artikel ini:


Menjelang bulan suci Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia mempersiapkan diri dengan berbagai hal, termasuk menyiapkan makanan untuk sahur, menu takjil, serta acara buka bersama. Kegiatan ini selalu menciptakan kegembiraan tersendiri bagi umat Muslim.

Di Indonesia, kegembiraan tersebut sering diekspresikan melalui tradisi dan budaya menjelang Ramadhan. Meskipun kegiatan tersebut berbeda di setiap daerah, namun tetap unik dan menyenangkan. Mari kita lihat apa saja kegiatan seru yang ada di berbagai daerah Indonesia menjelang Ramadhan.

1. Dugderan, Semarang

Foto: Kamal via jatengnews.id

Dugderan merupakan nama yang diambil dari “dug” yang identik dengan bunyi bedug dan “der” yang identik dengan bunyi mercon, sehingga dugderan sendiri merupakan gambaran suasana bulan ramadhan di Kota Semarang.

Biasanya tradisi ini dilakukan di setiap kampung, bermain bedug untuk melantunkan pujian dan setelah itu diramaikan oleh letusan-letusan mercon sebagai gambaran suka cita menyambut ramadhan. Konon, dugderan merupakan tradisi tua loh, sudah ada sejak tahun 1881! Kini Dugderan juga dilaksanakan dalam bentuk festival.

2. Padusan, Klaten

via faktapers.id

Di Klaten hingga Boyolali, tradisi padusan kerap dilakukan seminggu sebelum memasuki bulan suci ramadhan. Padusan sendiri merupakan upacara berendam atau mandi di mata air tertentu dengan tujuan mensucikan diri serta jiwa agar suci lahir-batin selama menjalankan ibadah ramadhan.

3. Begibung, Lombok

via ntb.aman.or.id

Umat muslim di Pulau Lombok menyambut bulan ramadhan dengan begibung. Begibung adalah tradisi makan bersama yang khas dalam budaya Sasak di Indonesia. Dalam tradisi ini, hidangan disajikan dalam nampan besar yang dimakan bersama-sama oleh kelompok kecil yang terdiri dari 3-5 orang.

Selain menyambut Ramadhan, begibung juga biasa diadakan dalam acara syukuran seperti pernikahan atau khitanan. Makanan yang disajikan meliputi nasi, sayur ares, urap, tahu tempe, lauk ayam, dan masih banyak lagi. Tradisi begibung menjadi bagian penting dalam kehidupan sosial dan budaya masyarakat Sasak, dan masih dilestarikan hingga sekarang.

4. Jalur Pacu, Riau

via amanahnews.com
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk aneka tradisi jelang Ramadhan
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar