Share artikel ini:


“Belum makan kalau belum ketemu nasi!” Itulah slogan khas warga +62 yang meski sudah makan  banyak, merasa belum makan kalau belum makan pakai nasi. Tentu saja slogan itu lebih merupakan candaan, tapi tak bisa dipungkiri, bagi mayoritas masyarakat di Indonesia, nasi adalah makanan pokok.

Selain nasi putih dan nasi goreng, ternyata ada banyak olahan nasi khas dari berbagai daerah di Indonesia. Rasanya, semuanya sudah pasti lezat. Yuk kita kenali kekayaan khazanah kuliner Nusantara dengan nasi sebagai tema utamanya dalam 10 olahan nasi berikut ini.

1. Nasi Megono

instagram.com/nasimegonomaya

Nasi megono merupakan nasi khas Pantura, nasi ini dimasak bersama dengan cacahan nangka, bumbu dan parutan kelapa. Nasi Megono terbuat dari nasi yang dicampur dengan santan dan daun salam, lalu dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang.

Biasanya disuguhkan bersama ayam, mendoan, telur rebus, sambal dan lauk lainnya. Aromanya menggugah selera dan rasanya pun gurih, kalau sudah coba pasti mau lagi!

2. Nasi Tutug Oncom

instagram.com/pawon_hamhaii

Nasi tutug oncom merupakan makanan khas Jawa Barat. Oncom sendiri merupakan sajian dari hasil fermentasi antara kacang tanah, ampas tahu, ampas kedelai atau kelapa. Pembuatannya cukup mencampurkan nasi putih dengan oncom, lalu diberi berbagai macam lauk. Rasanya unik dan nikmat loh!

3. Nasi Ulam

instagram.com/nasiulam

Nasi ulam adalah salah satu makanan khas Betawi yang pembuatannya cukup mudah. Hanya dengan menumis bumbu rempah bersama nasi, Sobat Halal sudah bisa menikmati nasi ulam, hanya saja nasi ini ditumis bersama kemangi.

Selain kaya rasa, nasi ulam juga aromatik. Nasi ulam biasanya disajikan bersama telur asin, sambal, urap, ayam, kerupuk dan juga teri. Komplit ya!

4. Nasi Timbel

instagram.com/nasi_timbel_pasundan
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk aneka nasi khas Nusantara
[Total: 4 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar