Share artikel ini:


“Belum makan kalau belum ketemu nasi!” Itulah slogan khas warga +62 yang meski sudah makan  banyak, merasa belum makan kalau belum makan pakai nasi. Tentu saja slogan itu lebih merupakan candaan, tapi tak bisa dipungkiri, bagi mayoritas masyarakat di Indonesia, nasi adalah makanan pokok.

Selain nasi putih dan nasi goreng, ternyata ada banyak olahan nasi khas dari berbagai daerah di Indonesia. Rasanya, semuanya sudah pasti lezat. Yuk kita kenali kekayaan khazanah kuliner Nusantara dengan nasi sebagai tema utamanya dalam 10 olahan nasi berikut ini.

1. Nasi Megono

instagram.com/nasimegonomaya

Nasi megono merupakan nasi khas Pantura, nasi ini dimasak bersama dengan cacahan nangka, bumbu dan parutan kelapa. Nasi Megono terbuat dari nasi yang dicampur dengan santan dan daun salam, lalu dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang.

Biasanya disuguhkan bersama ayam, mendoan, telur rebus, sambal dan lauk lainnya. Aromanya menggugah selera dan rasanya pun gurih, kalau sudah coba pasti mau lagi!

2. Nasi Tutug Oncom

instagram.com/pawon_hamhaii

Nasi tutug oncom merupakan makanan khas Jawa Barat. Oncom sendiri merupakan sajian dari hasil fermentasi antara kacang tanah, ampas tahu, ampas kedelai atau kelapa. Pembuatannya cukup mencampurkan nasi putih dengan oncom, lalu diberi berbagai macam lauk. Rasanya unik dan nikmat loh!

3. Nasi Ulam

instagram.com/nasiulam

Nasi ulam adalah salah satu makanan khas Betawi yang pembuatannya cukup mudah. Hanya dengan menumis bumbu rempah bersama nasi, Sobat Halal sudah bisa menikmati nasi ulam, hanya saja nasi ini ditumis bersama kemangi.

Selain kaya rasa, nasi ulam juga aromatik. Nasi ulam biasanya disajikan bersama telur asin, sambal, urap, ayam, kerupuk dan juga teri. Komplit ya!

4. Nasi Timbel

instagram.com/nasi_timbel_pasundan

Nasi timbel adalah makanan tradisional dari Pasundan atau Jawa Barat, Indonesia. Nasi timbel terdiri dari nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang dan diikat dengan tali daun pisang. Nasi timbel biasanya disajikan bersama dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan sambal terasi dan aneka lalapan.

Awalnya nasi timbel adalah bekal makan siang bagi petani saat berangkat ke sawah di pagi hari. Nasi tetap lezat disantap meski telah dingin di siang hari karena dibungkus daun pisang saat panas sehingga ada wangi khasnya. Selain itu petani juga tidak direpotkan membawa wadah makanan, karena bungkus daun pisang bisa langsung dibuang dan tidak akan mencemari lingkungan.

5. Nasi Uduk

instagram.com/nasi_udukbangjalicibubur

Nasi uduk adalah makanan tradisional dari Indonesia yang terbuat dari beras yang telah diolah dengan cara direbus bersama dengan santan, rempah-rempah, dan daging. Nasi uduk biasanya disajikan bersama dengan lauk pauk seperti ayam goreng, telur dadar, atau tahu dan tempe goreng.

Asal-usul nasi uduk tidak diketahui dengan pasti, tetapi beberapa orang percaya bahwa nasi uduk berasal dari Jakarta, khususnya daerah Betawi. Namun, nasi uduk juga populer di beberapa daerah lain di Indonesia, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatra. Nasi uduk merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal di seluruh dunia dan sering dijadikan menu utama dalam acara-acara khusus atau pesta.

6. Nasi Krawu

instagram.com/nasikrawu_ibuhj.suliha

Nasi krawu merupakan olahan nasi khas Gresik dengan ciri khas empal sapi dan taburan serundeng. Dalam penyajian empal sapi bisa utuh atau berupa suwiran. Selain itu, lauk pendampingnya bermacam-macam seperti sambal, tahu, tempe, lalap dan peyek.

7. Nasi Liwet

instagram.com/liliwetan.bdg

Nasi liwet di Indonesia terbagi jadi dua, yakni dari Solo dan Sunda. Nasi liwet Solo pada umumnya dimasak dengan santan dan diberi topping lauk berupa telur, sayur rebung, suwiran ayam dan sambal yang dimasak terpisah. Sedangkan gaya Sunda, nasi liwet dimasak tanpa santan dan bersama lauknya. Keduanya sama-sama gurih dan bikin nagih!

8. Nasi Boranan

instagram.com/lamongantourism

Nasi boranan berasal dari Lamongan yang berupa nasi dengan bumbu rempah dan diberi lauk seperti ikan, sambal, kerupuk, tahu, tempe, telur dan lalapan. Hanya saja dalam sajian ini terdapat tambahan lauk empuk dan pletuk, empuk adalah gorengan tepung berbumbu dan pletuk adalah kacang kedelai atau tanah yang dikeringkan lalu dibumbui. Keduanya jadi taburan yang renyah dan gurih.

9. Nasi Jamblang

instagram.com/nasijamblang_mangdul

Nasi yang satu ini khas Cirebon. Pada umumnya sama seperti konsep nasi kucing atau nasi rames, yaitu nasi putih dengan lauk lengkap seperti sayur, sambal, kerupuk, daging atau sate. Uniknya, nasi jamblang dibungkus dengan daun jati loh dan rasanya nagih!

10. Nasi Langgi

instagram.com/nasilanggiku

Nasi langgi banyak Sobat Halal temukan di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Nasi langgi sendiri merupakan nasi yang dimasak bersama bumbu rempah, santan dan asam jawa. Biasanya nasi langgi disajikan bersama telur dadar, bistik daging, serundeng, kering tempe atau kentang dan sambal. Rasanya enak banget, wajib dicoba ya!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk aneka nasi khas Nusantara
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar