Share artikel ini:


Lebaran sudah usai, menyisakan kenangan manis bersama keluarga besar tercinta. Di momen yang penuh suka cita tersebut, tak sedikit yang abai akan pola makan. Dari segala jenis kue kering, gorengan, roti, hingga masakan khas daerah sarat kolesterol disantap tanpa pikir panjang.

Akibatnya, badan menjadi tidak fit, cepat lelah dan terasa berat. Apalagi bagi Sobat Halal yang punya kecenderungan mudah mengalami darah tinggi, kolesterol dan obesitas. Oleh karena itu, penting sekali mengatur pola makan dengan baik.

Sobat Halal dapat mengganti sajian daging ayam dan sapi dengan ikan. Dan beruntung Indonesia termasuk negara penghasil ikan terbesar di dunia, jadi tak heran jika memiliki berbagai sajian khas ikan. Salah satunya adalah ikan kuah.

Berikut ikan kuah atau sup ikan khas Indonesia dari berbagai daerah, yang bisa menjadi inspirasi Sobat Halal untuk hidup lebih sehat tapi tetap menikmati makanan halal yang lezat. Intip yuk beberapa di antaranya!

1. Pindang Serani

Kredit: instagram @denokspesialis_seafood

Pindang Serani merupakan masakan khas Jepara. Ikan manyung merupakan bahan utama masakan ini, ikan tersebut dimasak bersama bumbu bawang merah, bawang putih, kemangi, tomat, kunyit dan belimbing wuluh.

Kuahnya berwarna kekuningan dan memiliki aroma khas yang menggugah selera. Selain itu, biasanya pindang serani dimasak bersama cabe utuh, sehingga mudah untuk mengatur tingkat kepedasan sesuai selera. Rasanya tidak perlu ditanya, gurih, segar, wangi dan enak.

2. Sup Ikan Batam

Kredit: Instagram @juliahana88

Sup ini berasal dari Kota Batam, Kepulauan Riau. Bahan-bahannya berupa ikan tenggiri segar, sawi atau wortel, tomat hijau, bawang putih, merica dan garam.

Biasanya sup ini disajikan selagi panas dan didampingi potongan cabe rawit yang ditaburkan ke dalam kecap asin. Yummy!

3. Sup Ikan Palumara

Kredit: Instagram @rumah_nita09
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Aneka Sup Ikan
[Total: 5 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar