Ilustrasi: Robert Bye via unsplash
Share artikel ini:


Sebagai negara tropis, Indonesia hanya mengenal musim panas dan musim hujan. Sementara di belahan negara lain dikenal empat musim, yaitu: musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Setiap musim memiliki sensasi tersendiri yang tentunya tidak bisa dirasakan penduduk di negara tropis.

Jika Sobat Halal ingin merasakan sensasi wisata musim dingin, bulan Desember, Januari dan Februari adalah waktu yang tepat untuk berwisata. Banyak tempat yang bisa dijadikan tujuan, namun jika Sobat Halal ingin menikmati suasana musim dingin yang lebih romantis, Eropa bisa jadi pilihan utama.

Eropa merupakan tempat yang sangat cocok untuk menikmati wisata musim dingin karena menawarkan gedung-gedung tua yang indah & bersejarah, pemandangan alam yang indah dengan menggunakan kereta gantung atau sledding, beragam aktivitas musim dingin – seperti ski, snowboard, ice skating, kemudahan transportasi, budaya yang kaya, dan kuliner yang lezat.

Jika Sobat Halal ada rencana untuk berwisata musim dingin ke Eropa, berikut ini adalah beberapa tips yang harus disiapkan:

1. Rencanakan Destinasi Wisata

Siapkan destinasi yang sesuai dengan preferensi Sobat Halal: Eropa memiliki banyak destinasi wisata musim dingin yang dapat Sobat Halal pilih, seperti ski di Alpen, ice skating di Amsterdam, atau menikmati pemandangan alam yang indah di Finlandia. Pilihlah destinasi yang sesuai dengan preferensi Sobat Halal agar dapat menikmati wisata musim dingin dengan lebih maksimal.

Pilihan untuk menjelajahi kota-kota Eropa yang terkenal dengan kegiatan indoor seperti museum, galeri seni, dan teater akan membantu Sobat Halal tetap hangat dan nyaman saat menjelajahi kota.

2. Pesan Hotel Sebelum Berangkat

Cari hotel yang sesuai dengan kebutuhan Sobat Halal: Pastikan untuk mencari hotel yang sesuai dengan kebutuhan Sobat Halal, lebih bagus jika hotel menyediakan makanan halal atau setidaknya ada pilihan restoran halal di sekitarnya.

Setelah menemukan hotel yang tepat, jangan lupa untuk melakukan pemesanan secara online. Di Eropa sangat sulit untuk memesan hotel secara langsung atau go-show.

3. Bawa Makanan Instan

Bawa perbekalan makanan instan: Jika Sobat Halal khawatir tidak akan menemukan makanan halal di tempat wisata, bawa perbekalan makanan instan seperti mie instan, roti atau makanan ringan yang dapat Sobat Halal bawa kemana-mana.

4. Siapkan Pakaian Musim Dingin

Persiapkan pakaian hangat dan lapisi diri dengan banyak lapisan termasuk syal dan long john (celana pelapis kaki). Musim dingin di Eropa dapat sangat dingin, jadi pastikan Anda membawa pakaian hangat yang cukup untuk menghadapi cuaca yang dingin.

Jangan lupa membawa peralatan pelindung diri seperti sarung tangan, topi, dan kacamata salju. Ini akan membantu Anda tetap hangat dan nyaman saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

instagram.com/twighouse

Usahakan sudah menyiapkannya sebelum berangkat jangan mengandalkan untuk membeli di tempat tujuan. Di kota-kota besar di Indonesia kini ada banyak toko yang menjual pakaian khusus musim dingin.

5. Instal Aplikasi Penerjemah & Ramalan Cuaca

Meskipun banyak orang di Eropa bisa berbicara bahasa Inggris, lebih baik tetap install aplikasi penerjemah untuk mempermudah komunikasi di tempat wisata. Google translate adalah salah satu aplikasi yang umum digunakan.

Juga penting untuk memerhatikan ramalan cuaca setidaknya 7 hari ke depan. Suhu bisa berubah dengan drastis di tempat yang berbeda di Eropa. Perhatikan juga kecepatan angin yang akan mempengaruhi wind chill factor.

6. Persiapkan Dokumen Perjalanan

Jangan lupa menyiapkan dokumen penting dalam tempat yang mudah diakses: Siapkan dokumen penting seperti paspor, visa, asuransi perjalanan dan dokumen perjalanan lainnya seperti bukti pemesanan hotel, transport dll dalam tas khusus yang mudah diakses.

Hal ini akan mempermudah proses pemeriksaan di bandara dan tempat tujuan. Jangan lupa perhatikan kebijakan COVID di negara-negara tujuan.

7. Bawa Obat-obatan Pribadi dan Skincare

Jangan lupa untuk memasukkan obat-obatan dan peralatan pertolongan pertama ke dalam bagasi Anda. Ini akan membantu Anda siap menghadapi kemungkinan terjadinya kecelakaan atau sakit saat bepergian.

Produk skincare sangat penting untuk dibawa, cuaca yang dingin dan kelembaban yang rendah bisa menyebabkan kulit kering dan menyebabkan kulit pecah atau ruam.

***

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Sobat Halal dapat menikmati wisata halal musim dingin ke Eropa dengan lebih nyaman dan aman. Selamat berwisata!


Berikan bintang kamu untuk tips wisata ini
[Total: 4 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar