"Muslim Traveler in Ueno Park" (foto Dakiny | CC BY-NC-ND 2.0)
Share artikel ini:


Bagi Sobat Halal yang suka traveling, seringkali menyesuaikan diri dengan lingkungan di tempat yang penduduknya bukan mayoritas muslim dapat menjadi tantangan tersendiri. Hal ini terutama terkait dengan kedua hal ini, yakni masjid atau musolla dan makanan atau minuman.

Tentu saja, karena bagi Sobat Halal punya kewajiban shalat lima waktu setiap harinya (meskipun memang bisa dijamak jika dalam perjalanan) dan shalat Jumat bagi pria. Di negara-negara dimana muslim bukan mayorita, mencari tempat shalat memang tidak mudah.

Sementara terkait dengan makanan dan minuman, otomatis akan lebih sulit untuk menemukan tempat makan atau restoran yang menyediakan makanan halal. Terlebih, terdapat sedikit ragam pada kebiasaan atau kepercayaan setiap umat muslim terkait dengan hal tersebut.

Misalnya, ada umat muslim yang tidak masalah jika restoran tersebut tetap menyediakan alkohol dan menu babi, selama terdapat menu lainnya yang halal. Namun ada juga yang lebih memilih jika restoran tersebut sama sekali tidak menyediakan menu babi (dan/atau alkohol), dan lain sebagainya.

Biasanya, jika sulit untuk menemukan sertifikasi halal atau kejelasan yang pasti mengenai halal/tidaknya suatu restoran tersebut, maka mereka akan memilih alternatif untuk membeli makanan di restoran vegetarian atau restoran Timur Tengah, India, dsb.

Namun di beberapa negara yang telah menyadari potensi dari para muslim/halal traveler (atau sering mendapat kunjungan dari mereka), telah disediakan beragam guide atau referensi loh. Beberapa website dan link di bawah ini mungkin bisa membantu Sobat Halal yang ingin bepergian ke negara-negara tersebut.

Yuk cek negara mana saja itu!

Korea

 

Website yang dibuat oleh Organisasi Pariwisata Korea ini mempunyai sub-section khusus bagi perjalanan tematik, termasuk muslim friendly travel. Negara Korea memang salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia, terlebih dengan banyaknya penggemar pop-culture Korea di Indonesia; mulai dari K-pop, makanan, seri drama, dsb.

Pada sub-section ini terdapat informasi yang cukup lengkap loh. Mulai dari daftar restoran yang muslim friendly dan jenis kategorinya, E-book terkait muslim friendly travel, dsb.

Berikan bintang kamu
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar