Share artikel ini:


Ikan bakar adalah makanan yang populer dan merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Ikan bakar dipanggang atau dibakar dengan metode tradisional menggunakan bara arang kayu. Dari proses memasak ini lah yang membuat ikan menjadi lezat dan memiliki aroma khas yang kuat.

Bahan baku ikan yang digunakan bervariasi, mulai dari ikan laut seperti tenggiri, cakalang, hingga ikan air tawar seperti gurame, nila atau bahkan lele. Bumbu-bumbu yang sering digunakan untuk membumbui ikan bakar antara lain garam, lada, bawang merah, bawang putih, dan kecap manis.

Ikan bakar biasanya disajikan bersama nasi putih, sayuran segar seperti ketimun dan bawang merah goreng, serta sambal atau saus pedas. Tak heran jika ikan bakar jadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Ikan bakar memang banyak ditemukan di Indonesia, tapi ternyata bukan hanya Indonesia yang punya sajian ikan bakar loh. Ternyata negara lain pun banyak punya sajian ikan bakar atau panggang yang tak kalah lezat dan patut dicoba. Inilah 5 ikan bakar versi halallife.id yang wajib dicoba!

#1 Psari, Yunani

Psari (via myrecipes.com)

Psari merupakan masakan ikan bakar khas Yunani yang biasa disajikan dengan ikan muda berjenis european bass atau bronzini, yellow tail, elliniko, salmon atlantik atau olokliro.

Bumbunya sangat khas Yunani, yakni lemon juice, bawang putih, garam, merica, herbs dan greek olive oil. Biasanya disajikan bersama greek salad yang punya cita rasa segar, yummy!

#2 Kkongchi Gui, Korea Selatan

Kkongchi Gui (via facebook.com/KSeafoodUSA)

Olahan ini banyak ditemukan pada musim gugur sesuai dengan musim Ikan Saury Pasifik. Jenis ikan ini memiliki postur ramping, panjang dan berwarna perak berkilat bagaikan pedang.

Teksturnya agak liat tetapi gurih dan memiliki gizi yang sangat tinggi, biasanya hanya dibumbui garam sebelum dimasak. Meskipun sederhana, tapi Kkongchi Gui merupakan salah satu masakan favorit masyarakat Korea Selatan.

#3 Lubina Al Horno Con Patatas, Spanyol

Lubina Al Horno Con Patatas (foto: Damian Serrano via bonviveur.es)
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk 5 masakan ikan bakar ini
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar