Ilustrasi: Frank Zhang via unsplash
Share artikel ini:


Siapa yang tak kenal boba? Minuman manis dengan tambahan boba ini jadi favorit banyak orang, sehingga berbagai macam brand boba menjamur di Indonesia. Meskipun demikian, Sobat Halal perlu cermat dalam mengonsumsi boba.

Seperti yang dilansir dari situs resmi MUI, bahwa ada hal-hal yang dapat menentukan ketidakhalalan sebuah boba. Pertama, tahap pembuatan gula pasir yang dekolorisasinya menggunakan bahan karbon aktif.

Jika prosesnya menggunakan arang tambang atau kayu, maka produk tersebut aman dari zat-zat yang haram. Namun berbeda jika menggunakan arang tulang, harus bisa dipastikan apakah tulang tersebut berasal dari tulang hewan halal dan disembelih sesuai dengan syariat islam.

Kedua, penggunaan gelatin pada pembuatan boba itu sendiri. Selain tapioka, ada beberapa boba yang menggunakan bahan dasar gelatin agar jadi kenyal. Gelatin sendiri bisa terbuat dari tulang atau kulit hewan.

Berhubung umumnya gelatin merupakan produk impor, harus dipastikan terlebih dahulu apakah bobanya terbebas dari gelatin yang terbuat dari babi atau tidak? Selain itu, Sobat Halal harus teliti terhadap keberadaan khamr dalam boba, seperti rum, baileys, kahlua dan sejenisnya.

Nah, biar tidak galau dan tetap bisa menikmati boba tanpa rasa was-was, Sobat Halal bisa memilih salah satu dari brand boba di bawah ini, sebab sudah mengantongi sertifikat halal loh!

1. Xi Bo Ba

Sumber: mbv-group.com

Xi Bo Ba lahir dari kerjasama Kulo Group dan Mitra Boga Ventura. Brand yang bikin gandrung anak-anak muda milenial ini meledak di pasaran berkat rasa, varian dan topping yang unik, salah satunya matcha dan lotus biscoff.

Pada 19 November 2021, Mitra Boga Ventura memberikan pernyataan terkait serifikat halal Xi Bo Ba. So, no more worries #TimXiBoBa.

2. Xing Fu Tang

Sumber: instagram.com/xingfutang_indonesia

Xing Fu Tang merupakan franchise Taiwan yang dibawa masuk ke Indonesia. Meskipun beberapa bahan utama Xing Fu Tang didatangkan dari Taiwan, namun beberapa bahan seperti susu, Xing Fu Tang memakai produk dalam negeri. Sedangkan boba dibuat sendiri guna menjaga kesegarannya.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk boba halal
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar