Share artikel ini:


Ada banyak cara menikmati liburan akhir tahun, bisa melewatkan kebersamaan dengan keluarga di rumah, jalan-jalan ke mall atau pilihan lain sambil menikmati wisata alam.

Jika Sobat Halal bosan melewatkan liburan akhir tahun dalam suasana kota, bagaimana jika liburan akhir tahun kali ini kita lewatkan di tempat yang lebih alami? Nah, berikut adalah spot-spot menarik untuk wisata alam akhir tahun versi halallife.id!

1. Tanjung Lesung, Banten

via tanjunglesung.com

Tanjung Lesung merupakan zona ekonomi khusus yang terletak di Jawa Barat. Berkat alamnya yang indah, Tanjung Lesung kerap dilirik banyak wisatawan. Tidak hanya pantai berpasir putih dan laut biru saja yang bisa dinikmati, tetapi juga ada berbagai watersport, memancing, traditional fire dance, belajar melukis batik motif khas Banten dan wisata Pulau Liwungan yang indah. Menarik, kan?!

2. Danau Batur, Bali

via kintamani.id

Kabut, udara segar dan nuansa danau yang berlatarkan gunung merupakan perpaduan yang ciamik, bukan? Sobat Halal bisa menemukannya di Danau Batur. Liburan akhir tahun bisa Sobat Halal nikmati tanpa gangguan dengan menyewa kamar atau cottage di tepi danau. Ada agenda BBQ, naik perahu, memancing atau berjalan-jalan di sekitar danau menanti!

3. Weekuri, Sumba

via pegipegi.com

Weekuri merupakan lagoon atau danau air asin yang terbentuk karena adanya ceruk yang terisi air laut yang masuk ke celah bebatuan. Meski pun gelombang laut agak kencang, kondisi air Weekuri tetap tenang karena terlindung oleh karang. Jangan heran jika air di danau ini terlihat jernih dan nyaman dijadikan tempat berenang.

Kalau main ke tempat ini, wajib banget bawa bekal karena fasilifas masih terbatas. Namun demikian, Sobat Halal dapat menemukan banyak pegang kerajinan tradisional yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh loh!

4. Danau Maninjau, Sumatera Barat

Foto: Jack via wikipedia.com

Danau Maninjau adalah sebuah danau alami yang terletak di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Danau ini terbentuk dari erosi gunung yang membentuk lembah yang dikelilingi oleh pegunungan yang tinggi. Danau Maninjau memiliki luas sekitar 104,8 km persegi dan terletak sekitar 48 km di sebelah barat kota Padang.

Danau Maninjau merupakan tempat wisata populer di Sumatra Barat, terutama karena keindahan alamnya yang luar biasa. Danau ini dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang rimbun, yang menyediakan pemandangan yang indah dan sejuk. Pemandangan di sekitar danau ini juga dihiasi oleh sawah-sawah terasering yang indah, yang menambah keindahan alam di sekitar danau.

Di sekitar Danau Maninjau, terdapat banyak hotel dan penginapan yang menyediakan akomodasi dan terdapat juga banyak restoran dan warung yang menyajikan masakan khas Sumatra Barat yang lezat. Sobat Halal juga bisa mengunjungi museum rumah kelahiran ulama sekaligus sastrawan terkenal Buya Hamka.

Untuk menikmati keindahan Danau Maninjau, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti menyusuri danau dengan perahu atau menyewa sepeda untuk mengelilingi danau. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dari atas bukit atau dari kelok 44 yang terkenal.

5. Batu, Malang

via batukota.go.id

Mencari dataran tinggi yang sejuk, banyak fasilitas dan spot kuliner di Malang? Sobat Halal bisa mampir ke Batu dan menikmati semuanya di sana. Selain aneka spot kuliner, sepanjang jalan menuju Batu juga dikenal akan wahana permainan dan theme park-nya yang beragam, salah satunya adalah Batu Malang Zoo.

Mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang juga tidak sulit karena banyak pusat oleh-oleh khas Malang yang menawarkan produk dengan harga kompetitif.

6. Pantai Pangandaran, Jawa Barat

via pangandarankab.go.id

Pantai Pangandaran merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang halus dan air laut yang jernih. Selain itu, Pantai Pangandaran tergolong unik karena memiliki 2 pantai yaitu pantai barat dan pantai timur, sehinggga Sobat Halal bisa menyaksikan sunrise dan juga sunset di ufuk laut.

Di Pantai Pangandaran, Sobat Halal bisa menikmati berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti berjemur di tepian pantai, bermain air, berselancar, bermain voli pantai, bermain beach soccer, bermain banana boat, bermain flying fox, menjelajahi cagar alam yang memiliki hewan langka Bos javanicus alias banteng. Jangan lupakan kuliner fresh sea food khas Pangandaran yang terkenal itu.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk 6 wisata alam ini
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar