Spice Bazaar Istanbul (foto koleksi HLID)
Share artikel ini:


Rempah-rempah dianggap ‘tanaman emas’ lantaran merupakan hasil alam yang mendominasi perdagangan dunia bahkan sejak sebelum abad masehi. Rempah Indonesia sejak zaman dulu yang sudah diperdagangkan hingga ke Jalur Sutera dan Jalur Dupa Romawi, bahkan sampai mengalami beberapa kali pergantian iklim politik kala itu.

Berkat perdagangan rempah tersebut, rempah menjadi mendunia dan banyak dicari hingga saat ini. Tahukah Sobat Halal, bahwa di beberapa negara terdapat pasar rempah terkenal di dunia yang kerap dijadikan destinasi wisata oleh para wisatawan? Window shopping dulu yuk!

1. Grand Bazaar – Teheran, Iran

Tehran Grand Bazaar (foto via irantourism.travel)

Grand Bazaar merupakan pasar tua yang berada di Teheran, Iran. Grand Bazaar tidak pernah sepi, traffic di pasar ini selalu ajeg atau sangat padat. Kebanyakan turis yang mendatangi tempat ini akan mendatangi toko-toko karpet yang ada di sepanjang jalan terlebih dahulu sebelum akhirnya membelah lautan manusia yang memenuhi kios-kios rempah Grand Bazaar yang memikat.

Selain rempah, Grand Bazaar juga menjual buah dan biji-bijian kering. Kualitas rempah dan yang lainnya tidak perlu diragukan, Grand Bazaar juga merupakan pasar rempah dengan harga paling murah di antara negara-negara barat lainnya.

Sobat Halal juga bisa mengunjungi berbagai restoran halal yang menyajikan olahan khas daging ayam dan saffron.

2. Spice Bazaar – Istanbul, Turki

Spice Bazaar Istanbul (foto koleksi HLID)

Spice Bazaar atau disebut juga Bazaar Mesir (Egyptian Bazaar) beroperasi sejak tahun 1660 dan didirikan tepat di sebelah Masjid Baru, Istanbul, Turki. Bazaar Mesir adalah pasar rempah terbesar di Turki, bahkan disebut sebagai pusat perdagangan rempah terbesar di Timur Tengah kala itu.

Tidak hanya rempah, Sobat Halal dapat membeli berbagai herbal dan spice kering atau bubuk. Uniknya, membawa banyak ziplock bag sudah menjadi budaya pagi pengunjung tetap pasar ini. Jadi kalau Sobat Halal pergi ke Bazaar Mesir jangan lupa bawa banyak ziplock bag ya!

3. Spice Souk – Dubai

Dubai Spice Souk (foto via visitdubai.com)
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Spice Market
[Total: 5 Rata-rata: 4.8]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar