Share artikel ini:


Keindahan arsitektur bangunan masjid banyak kita temui seluruh dunia. Mulai dari bangunan dengan desain arsitektur klasik dengan ciri kubah dan menara sampai desain arsitektur post modern. Sejarah masjid memang tak bisa dilepaskan dari kreatifitas para arsiteknya.

Nah ternyata bangunan masjid dengan desain unik ini bisa kita temui di seantero negeri kita sendiri di Indonesia. Ada banyak masjid dengan gaya arsitektur yang unik yang selain tempat untuk melaksanakan sholat juga benar-benar memanjakan mata pengunjungnya.

Kita lihat beberapa diantaranya yuk!

1. Masjid Tiban, Turen – Malang

Masjid Tiban merupakan masjid yang terletak di Malang. Masjid ini bernuansa biru-putih dan terlihat terang. Banyak cerita-cerita  yang beredar bahwa masjid ini dibangun hanya dalam satu malam loh oleh bangsa jin. Namun pada kenyataannya masjid ini didirikan oleh para santri dan jamaah  Pondok Pesantren Syalafiyah Bihaaru Bahri’ Asali Fadlaairil Rahmah.

Keindahan arsitekturnya jangan ditanya, Sobat Halal akan teringat bangunan kerajaan-kerajaan di dongeng 1001 malam. Masjid dengan gaya arsitektur Turki kuno ini memiliki fasilitas menarik loh, seperti mini zoo, kolam renang, dan spot foto yang super instagram-able!

2. Masjid Arkam Babu Ramhman, Palu

Masjid satu ini berada di Kota Palu dan merupakan ikon Kota Palu. Uniknya, masjid ini dibangun terapung di atas laut Teluk Palu dan kubahnya sangat indah karena dapat memantulkan cahaya tujuh warna.

Masjid dengan kapasitas 200 jamaah ini memiliki pemandangan yang cantik. Tidak hanya laut, latar belakang pegunungan pun turut menghiasi panorama ketika sunset.

Sayangnya pada 28 September 2018 gempa dahsyat dan tsunami melanda Kota Palu dan Sekitarnya. Masjid yang berada di tepi pantai Teluk Palu ini tak luput dari terjangan tsunami. Akibatnya tiang penyangga masjid terapung ini runtuh dan sebagian bangunan masjid tenggelam.

Kini masjid apung ini tetap berdiri dan dikunjungi oleh warga sebagai monumen pengingat bahwa di tempat ini pernah ada peristiwa bencana alam yang dahsyat.

3. Masjid Al-Irsyad, Bandung Barat

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Masjid-Masjid Unik
[Total: 4 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar