Share artikel ini:


Masakan nusantara dikenal punya cita rasa yang tinggi dan beragam. Salah satunya adalah masakan berkuah khas Indonesia yang kerap dicari penikmat kuliner seperti sup matahari, brenebon, timlo, konro, sup kaki kambing dan buntut.

Namun, Indonesia rupanya masih memiliki varian masakan berkuah lain yang rasanya tak kalah seru loh walau jarang dijumpai. Penasaran? Yuk kuliner virtual bareng halallife.id!

1. Sup Mutiara

SUp Mutiara (foto: Depot Soto Banjar Achmad Jais – Peneleh)

Sup mutiara adalah olahan khas Kalimantan Selatan  yang punya isian bakso, wortel, sosis dan makaroni. Yang membuat sup ini berbeda adalah bakso ayamnya yang terbuat dari susu, sehingga punya tekstur lembut, warna putih dan rasa yang creamy, serta kuahnya yang bersusu.

Biasanya sup ini mudah dijumpai saat ada pesta besar seperti pernikahan atau lebaran. Sensasi kuah creamy dan segar dijamin bikin lidah bergoyang!

2. Sop Senerek

Sop Senerek Pak Parto (foto: Tiara Sukma)

Pada tahun 2020, sop ini mendapat anugerah sebagai makanan tradisional terpopuler di Indonesia. Sup senerek punya kuah bening dengan isian daging sapi dan kacang merah, biasanya disajikan bersama iso, babat, tahu atau tempe bacem.

Sop Senerek ini banyak ditemukan di sekitar Magelang, Jawa Tengah. Tunggu apalagi? Buruan cicipin!

3. Brongkos

 Brongkos is a Javanese spicy meat and beans stew, a specialty of Yogyakarta, Indonesia. Here the brongkos stew is served with egg and prawn cracker.
Brongkos Yogyakarta (foto Gunawan Kartapranata via wikipedia)

Brongkos adalah sup daging sapi atau kambing yang punya kuah kental berwarna kecoklatan yang gurih dan legit. Biasanya masakan ini banyak dijumpai di Jogja, Solo dan sekitarnya.

Kuahnya segar karena dibumbui dengan bawang, lengkuas, kluwek, santan dan cabe rawit. Isiannya juga unik, yakni ada kacang tolo, telur dan tahu. Meski pun rasanya terbilang unik,  tetap saja sekali cicip bakal ketagihan hehe…

4. Sup Tunjang

Sup Tunjang (foto: M Arifin Dobson)
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Masakan Berkuah Khas Indonesia
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar