Share artikel ini:


Kalimantan dihuni penduduk berbagai macam etnis dengan berbagai latar belakang budaya. Sehingga tak heran kekayaan kulinernya pun sangat beragam, terkenal lezat dan tidak selalu bisa ditemukan di tempat lain

Pulau Kalimantan berada di urutan ketiga pulau terluas di dunia. Ada 3 negara yang berada di pulau ini, yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Wilayah terbesar di Pulau Kalimantan yang masuk wilayah NKRI terbagi dalam 5 provinsi. Kata Kalimantan sendiri berasal dari kata sansekerta Kalamanthana, yang artinya adalah pulau dengan suhu udara yang panas.

Bagi pecinta kuliner yuk kita simak beberapa kuliner khas dari Pulau Kalimantan berikut ini:

#1 Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan (foto oleh: Midori via wikipedia)

Ketupat Kandangan merupakan salah satu kuliner khas yang berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan. Jika umumnya ketupat biasa disajikan dengan daging ayam atau daging sapi, ketupat Kandangan ini memiliki citarasa yang unik karena disajikan bersama dengan ikan gabus yang dipanggang terlebih dahulu dan dibumbui dengan santan yang kaya akan rasa.

Rasanya yang kaya dan lezat akan membuat siapapun yang mencoba pasti akan terpana dan ingin mencicipi lagi.

#2 Bubur Pedas

Bubur Pedas (via sonora.id)

Bubur Pedas adalah salah satu makanan khas Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat yang terbuat dari beras dan dibumbui dengan rempah-rempah yang gurih. Makanan ini mudah dijumpai di kota Pontianak dan merupakan unggulan kuliner dari suku Melayu Sambas di Kalimantan Barat. Bubur Pedas ini dahulu disajikan di kerajaan, dan merupakan cerminan budaya yang kental di kerajaan Melayu Deli.

Tidak seperti namanya, bubur yang sering menjadi menu sarapan ini rasanya sama sekali tidak pedas malah cenderung gurih. Kalau mau pedas Sobat Halal harus menambahkan sambal.

#3 Pengkang

Pengkang (via borneo24.com)
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk kuliner khas Kalimantan
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar