Share artikel ini:


Kalimantan dihuni penduduk berbagai macam etnis dengan berbagai latar belakang budaya. Sehingga tak heran kekayaan kulinernya pun sangat beragam, terkenal lezat dan tidak selalu bisa ditemukan di tempat lain

Pulau Kalimantan berada di urutan ketiga pulau terluas di dunia. Ada 3 negara yang berada di pulau ini, yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Wilayah terbesar di Pulau Kalimantan yang masuk wilayah NKRI terbagi dalam 5 provinsi. Kata Kalimantan sendiri berasal dari kata sansekerta Kalamanthana, yang artinya adalah pulau dengan suhu udara yang panas.

Bagi pecinta kuliner yuk kita simak beberapa kuliner khas dari Pulau Kalimantan berikut ini:

#1 Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan (foto oleh: Midori via wikipedia)

Ketupat Kandangan merupakan salah satu kuliner khas yang berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan. Jika umumnya ketupat biasa disajikan dengan daging ayam atau daging sapi, ketupat Kandangan ini memiliki citarasa yang unik karena disajikan bersama dengan ikan gabus yang dipanggang terlebih dahulu dan dibumbui dengan santan yang kaya akan rasa.

Rasanya yang kaya dan lezat akan membuat siapapun yang mencoba pasti akan terpana dan ingin mencicipi lagi.

#2 Bubur Pedas

Bubur Pedas (via sonora.id)

Bubur Pedas adalah salah satu makanan khas Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat yang terbuat dari beras dan dibumbui dengan rempah-rempah yang gurih. Makanan ini mudah dijumpai di kota Pontianak dan merupakan unggulan kuliner dari suku Melayu Sambas di Kalimantan Barat. Bubur Pedas ini dahulu disajikan di kerajaan, dan merupakan cerminan budaya yang kental di kerajaan Melayu Deli.

Tidak seperti namanya, bubur yang sering menjadi menu sarapan ini rasanya sama sekali tidak pedas malah cenderung gurih. Kalau mau pedas Sobat Halal harus menambahkan sambal.

#3 Pengkang

Pengkang (via borneo24.com)

Pengkang adalah makanan khas Pontianak, Kalimantan Barat yang terbuat dari ketan dengan isian ebi. Makanan ini sering disajikan dengan sambal kerang yang pedas sebagai cocolan yang menambah rasa gurih dan pedas pada pengkang

#4 Bingka Barandam

Bingka Barandam (instagram.com/bingkabarandammamanana)

Bingka Barandam adalah kue tradisional khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang terbuat dari bahan dasar tepung, telur, gula dan kayu manis. Kue ini kerap digunakan untuk menjamu tamu yang datang ke rumah, sebagai hidangan khas yang dihidangkan kepada tamu. Rasanya yummy banget dan menambah citarasa pada acara tamu datang ke rumah.

Bingka Barandam adalah salah satu kue tradisional yang menjadi andalan masyarakat Kalimantan yang kerap dihidangkan pada acara-acara tertentu..

#5 Nasi Bekepor

Nasi Bekepor (instagram.com/dunialoka.id)

Nasi Bekepor merupakan salah satu makanan khas raja-raja di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Nasi ini rasanya menyerupai nasi liwet yang dominan dengan rasa santan dan disajikan bersama Daging Masak Bumi Hangus.

Daging Masak Bumi Hangus terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam waktu lama dengan bumbu kecap sehingga warnanya menjadi hitam legam dengan aroma yang kuat.

#6 Juhu Umbut Sawit

Juhu Umbut Sawit (kalimantana.com)

Juhu Umbut Sawit merupakan makanan tradisional masyarakat Dayak, dari daerah Kalimantan Tengah yang dibuat dari umbut pohon kelapa sawit muda dan dibumbui dengan santan. Uniknya, makanan ini kerap disuguhkan pada acara-acara pernikahan adat sebagai menu spesial. Rasanya pasti akan nikmat dan menambah citarasa pada acara tersebut.

Sumber umbut sawit yang digunakan yaitu dari pohon kelapa sawit yang masih muda sehingga rasanya lebih lembut dan menyegarkan.

#7 Iwak Pakasam

Iwak Pakasam (foto: Ezagren via wikipedia)

Iwak Pakasam adalah makanan khas Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Timur yang  merupakan ikan sungai yang difermentasi bersama garam dan beras ketan. Ikan yang difermentasi dengan garam dan beras ketan dapat memberikan cita rasa yang unik dan kaya.

Proses fermentasi juga dapat meningkatkan kandungan nutrisi dalam ikan. Cara memasaknya yaitu dengan digoreng dapat memberikan rasa yang renyah dan pasti akan menjadi hidangan yang nikmat.

#8 Ayam Cincane

Ayam Cincane (foto: Miss Dian via cookpad.com)

Ayam Cincane khas Samarinda, Kalimantan Timur, sepintas terlihat mirip dengan Ayam Balado karena warna bumbunya yang merah, tetapi Ayam Cincane dimasak dengan rempah yang berbeda. Rempah ini membuat cita rasa Ayam Cincane unik dan kaya.

Ayam Cincane sering dijumpai di acara-acara penting di Kalimantan, seperti perayaan atau acara keluarga. Ini menunjukkan bahwa Ayam Cincane memiliki peran yang penting dalam budaya masyarakat Kalimantan.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter

Berikan bintang kamu untuk kuliner khas Kalimantan
[Total: 3 Rata-rata: 5]

Bagikan artikel ini





Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar