Ilustrasi foto oleh Clint Bustrillos [via unsplash]
Share artikel ini:


Manado. Apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran saat mendengar nama kota yang berada di Provinsi Sulawesi Utara itu disebut? Sudah menjadi rahasia umum bahwa keindahan alam dan ragam kuliner ekstrim kerap jadi perhatian baik turis domesik mau pun mancanegara. Namun, Sobat Halal masih punya banyak pilihan makanan khas lain yang sehat dan halal, juga pastinya tidak kalah nikmat. Ayo kita bahas satu per satu!

1. Pisang Goroho

Pisang Goroho [via craftlog.com]
Makan pisang pakai sambal? What?! Kebiasaan ini tidak begitu familiar, tapi di Manado, Sobat Halal bisa menikmati pisang hasil persilangan antara Pisang Musa Balbisiana dan Musa Acuminata. Persilangan keduanya yang dikenal sebagai Pisang Goroho. Pisang yang dipilih biasanya yang belum cukup matang sehingga bertekstur keras, kemudian diiris dan digoreng dengan minyak panas sehingga menghasilkan keripik pisang yang renyah dan gurih.

Menu Pisang Goroho bisa Sobat Halal temukan di setiap warung makan atau kedai kopi bahkan hampir di setiap restoran, disajikan dengan Sambal Sagela atau Sambal Ikan Roa Khas Manado. Sobat Halal bisa menikmati makanan ini hanya dengan merogoh kocek kisaran Rp 10.000 – Rp 15.000 saja, mantap kan?

2. Rahang Tuna Bakar Rica

Rahang Tuna Bakar [via FB Ikan Bakar Roong]
Makan Ikan Tuna sudah biasa, kan? Rahang Tuna Bakar merupakan salah satu menu istimewa dan unik, pecinta pedas wajib banget mencicipi masakan satu ini. Rahang Tuna Bakar dimasak di atas sabut kelapa, disajikan dengan beberapa pilihan sambal dan yang paling sering ditemui adalah sambal rica khas Manado.

Rasa gurih dan asin rahang tuna bakar terasa sempurna dengan perasan jeruk limao serta sambal. Sobat Halal bisa menemukan menu ini hampir di setiap warung dan restoran. Harganya pun tidak begitu mahal, yakni berkisar antara Rp 30.000 – Rp 50.000.

3. Ikan Woku

Ikan Woku Bumbu Kuning [via youtube]
Sajian Ikan Bumbu Kuning selalu mengingatkan kita dengan kesegaran dan kekayaan laut Indonesia. Jika Ikan Kuah Kuning memberikan rasa segar dan gurih, maka Ikan Woku adalah masakan cita rasa segar, asam, pedas, gurih dan harum karena dalam pembuatannya melibatkan berbagai macam jenis rempah.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu
[Total: 1 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar