Suasana Muslim LifeFest 2022 (foto via muslimlifefest.com)
Share artikel ini:


Sobat Halal kembali berkesempatan untuk mengunjungi ajang unik yang ditunggu-tunggu, yaitu Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim LifeFest) 2023. Acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) dan Lima Event ini akan berlangsung di Indonesia Convention Exhibition BSD (ICE BSD) mulai tanggal 25 hingga 27 Agustus 2023.

Dengan luas area mencapai 10.000 m2, Muslim LifeFest tahun ini menawarkan lebih dari 250 exhibitor yang mewakili 196 brand dari 14 kategori berbeda. Kategori-kategori ini meliputi segala sesuatu mulai dari modest fashion, aksesoris muslim, pernikahan Islami, thibbun nabawi herbal, produk FMCG, perlengkapan anak-anak, komunitas dan hobi, pendidikan Islami, penerbitan buku-buku Islami, perlengkapan rumah tangga, perjalanan haji dan umrah, lembaga keuangan Islami, kosmetik halal, hingga kuliner halal yang aman dan sehat.

Deddy Andu, Direktur PT Lima Event Indonesia (Lima Events), menjelaskan, “Event ini didesain untuk menjadi platform kolaborasi bagi umat Muslim, dengan tujuan mendukung pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia serta memperkuat kemitraan dalam rangka mencapai kesejahteraan bersama.”

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2019, Muslim LifeFest telah mengalami pertumbuhan yang signifikan. Acara ini telah menjadi pionir dalam mengarahkan perkembangan produk halal di Indonesia. Pelaku usaha dalam industri produk halal dan keuangan syariah memandang Muslim LifeFest sebagai peluang strategis untuk memperkenalkan produk terbaru, memperluas jaringan bisnis, mendapatkan wawasan baru, menjalin hubungan silaturahmi, dan juga meningkatkan pemahaman akan prinsip-prinsip muamalah yang menjadi dasar dalam berbisnis sesuai dengan ajaran Sunnah.

Tidak mengherankan bahwa 60 persen peserta pameran adalah peserta setia yang telah merasakan manfaat dari acara ini sebelumnya. Peserta ini datang dari berbagai wilayah, bukan hanya Jabodetabek dan Jawa Barat, tetapi juga dari luar Pulau Jawa, seperti Sumatera dan Papua. Sementara itu, 40 persen sisanya adalah peserta baru yang ingin turut serta dalam pengalaman berharga ini.

Yang terbaru dari Muslim Lifefest 2023 adalah hadirnya Sportainment -pertandingan badminton antara influencer dengan pengunjung, Kawan Parjo, kompetisi V60 manual brewing, pasar murah, awarding produk halal dan sebagainya.

Sebagai penyelenggara, Lima Events terus berinovasi dan menciptakan program-program menarik yang dikemas dengan kreativitas. Salah satunya adalah kolaborasi dengan Deryansha, pendiri dan CEO Kasisolusi, yang akan menyelenggarakan pertandingan bulu tangkis antara influencer dan pengunjung, serta hadiah menarik dari Majeed, mitra merchandise resmi Muslim LifeFest. Selain itu, para pecinta kopi dapat berpartisipasi dalam kompetisi menyeduh kopi V60 yang diadakan bekerja sama dengan Asosiasi Kopi Indonesia (ASKI).

Bagi para penggemar modifikasi motor, acara ini juga akan menyediakan kesempatan untuk bersilaturahmi dan mendapatkan inspirasi baru dari Kawan Parjo (Pasar Jongkok Otomotif) yang bekerja sama dengan BMT Ash-Shidiq. Mereka siap untuk memenuhi kebutuhan hobi otomotif Anda sesuai dengan prinsip syariah.

Tidak hanya itu, program Serlok Kuliner juga akan kembali hadir dengan bincang-bincang menarik bersama Uki Kautsar dan Reda Samudera, sambil menikmati hidangan kuliner halal, aman, dan lezat di zona kuliner.

Bagi para orang tua yang berencana mendidik anak-anak mereka di pesantren atau sekolah Islam, Muslim LifeFest kali ini juga akan berkolaborasi dengan Muslim Edufest yang diselenggarakan oleh PT Satue Event dan Bina Masyarakat Madani Indonesia (BMMI). Lebih dari puluhan lembaga pendidikan Islam, mulai dari tingkat SD hingga Universitas, akan berpartisipasi dalam acara ini. Bincang-bincang mengenai pendidikan dan kompetisi syarhul hadits arbain nawawiyah juga akan diadakan.

Rachmat Surtanas Marpaung, Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), mengungkapkan bahwa Muslim LifeFest memiliki tujuan untuk memperkuat ekosistem bisnis halal, ekonomi, dan keuangan syariah. Dalam rangka mewujudkan ambisi Indonesia menjadi pusat produsen halal dunia pada tahun 2024, kerjasama ekosistem sangatlah penting untuk menggerakkan potensi yang ada, menciptakan kebutuhan baru, meningkatkan nilai tambah, dan juga kualitas produk halal Indonesia.

“Muslim LifeFest adalah platform yang efektif untuk memperkenalkan dan menghidupkan literasi serta inklusi ekonomi dan keuangan syariah. Kami mengajak semua pihak untuk bekerja sama demi mewujudkan target setidaknya 1 juta sertifikasi halal untuk produk makanan, minuman, hasil ternak, dan layanan penyembelihan dalam waktu dekat ini,” kata Rachmat.

Diketahui bahwa batas akhir tahap pertama sertifikasi halal akan berakhir pada 17 Oktober 2024. Menurut peraturan, setelah tanggal tersebut, semua pelaku usaha di bidang makanan, minuman, serta layanan penyembelihan di Indonesia harus memiliki sertifikasi halal. Untuk mendorong pelaku usaha, Muslim LifeFest akan memberikan penghargaan kepada mereka yang sudah bersertifikasi halal. Lima pelaku usaha pemenang akan mendapatkan booth gratis di ajang Halal Expo Indonesia yang akan diadakan pada bulan Oktober tahun ini.

Selama berlangsungnya pameran, Rachmat menekankan bahwa sejumlah tim pendamping sertifikasi halal akan siap membantu pelaku usaha dalam proses sertifikasi halal, memberikan pendampingan langsung hingga sertifikat didapatkan.

Bagi Sobat Halal yang ingin merasakan pengalaman tak terlupakan di Muslim LifeFest 2023, cukup siapkan dana untuk membeli harga tiket secara online sebesar Rp. 25.000 melalui aplikasi Muslim LifeShop. Namun, jika Sobat Halal memutuskan untuk membeli tiket langsung di tempat acara (on the spot), harga tiket akan sedikit berbeda, yaitu Rp. 30.000.

Sumber: Siaran Pers Muslim LifeFest 2023

Berikan bintang kamu untuk Muslim LifeFest 2023
[Total: 3 Rata-rata: 4.7]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar