Kredit foto: Tom Fisk via pexels
Share artikel ini:


Arung jeram, atau yang lebih dikenal dengan rafting, adalah salah satu jenis olahraga air yang penuh tantangan. Lebih dari sekadar mengarungi aliran sungai, arung jeram memerlukan kemampuan untuk melalui jeram-jeram dengan arus dan medan yang penuh rintangan.

Olahraga ini telah dikenal sejak abad ke-19 dan diperkenalkan secara luas oleh seorang pramuka Amerika Serikat, John Macgregor, saat ia memulai ekspedisi di Sungai Colorado.

Bahkan hingga saat ini, pesona arung jeram semakin menarik perhatian, termasuk di Indonesia. Keindahan alam Indonesia yang eksotis, dengan beragam titik perairan baik di laut maupun sungai, menjadikannya surga bagi para pecinta arung jeram. Kabarnya, Indonesia memiliki rute arung jeram yang diakui secara global. Ayo, teruskan membaca untuk menemukan informasi lebih jauh!

#1 Sungai Alas, Aceh

Sungai Alas merupakan salah satu sungai yang mengalir melintasi Taman Nasional Gunung Leuser. Di tempat ini, banyak flora dan fauna yang bisa Sobat Halal jumpai. Walaupun lintasannya cenderung terlihat landai, tetapi pada dasarnya bebatuan di sungai ini cukup terjal, sungainya lebar dan arusnya kuat.

via instagram.com/zein_fuady23

Sungai ini termasuk salah satu lintasan yang kerap digunakan sebagai jalur rafting kelas internasional, sehingga Sobat Halal juga harus ekstra hati-hati jika ingin menjajal jalur rafting di Sungai Alas.

#2 Sungai Sa’dan, Tanatoraja

Sungai Sa’dan merupakan sungai terpanjang yang terletak di Sulawesi Selatan. Sungai ini mengalir sejauh 182 kilometer melintasi bukit-bukit, saking panjangnya sungai ini berakhir di Selat Makassar.

via instagram.com/brikkenbonting

Mengarungi jalur rafting di sungai ini sangat menantang karena akses ke sungai ini termasuk cukup sulit, jauh dari pemukiman dan melewati hutan-hutan rimba serta semak yang lebat. Selain itu, sungainya cukup sempit dengan kontur bebatuan yang cukup terjal.

#3 Green Canyon, Ciamis

Green Canyon di Ciamis sempat menjadi sorotan wisatawan dari berbagai penjuru, bahkan tempat ini menjadi jalur rafting konvensional dan body rafting loh. Jalur rafting di Green Canyon dikelilingi pepohonan yang rimbun dan tebing-tebing indah yang memiliki pemandangan indah.

via instagram.com/greencanyonpangandaranreall

Jalur rafting di Green Canyon memiliki perairan yang cukup tenang dan landai, sehingga banyak yang mencoba body rafting atau river tubing dengan ban. Selain rutenya yang relatif aman, perairan sungai ini memiliki warna toska kebiruan yang indah loh!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk spot rafting ini
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar