Foto: Klaus Nielsen (via pexels)
Share artikel ini:


Asal usul pasta di Italia memang masih merupakan perdebatan, ada yang menganggap itu makanan asli Italia, tapi ada juga yang menganggap pasta sebagai adaptasi dari mie Asia kuno, khususnya Tiongkok. Ada banyak sejarawan yang mengatakan pasta dibawa ke Italia dari Tiongkok oleh Marco Polo pada abad ke-13.

Terlepas dari sejarahnya, pasta Italia baik tampilan maupun bahan dasarnya memang identik dengan mie dari Tiongkok yang juga sangat populer di Indonesia, bahkan bisa dibilang sudah jadi makanan lokal di Indonesia juga.

Di Indonesia pasta merupakan makanan Italia yang digandrungi banyak kalangan. Ada banyak varian yang populer di Indonesia, seperti spaghetti, pene, fetucini, fusili, makaroni, dan lasagna.

Namun, ternyata pasta dari Itali ini punya banyak varian yang mungkin Sobat Halal belum ketahui loh. Berikut adalah pasta-pasta yang jarang ditemukan di Indonesia, cari tahu bareng yuk!

#1 Bigoli

Bigoli (via visitvenezia.eu)

Bigoli adalah pasta dengan tekstur panjang, tebal dan kenyal menyerupai mie kuning di Indonesia. Bigoli terbuat dari tepung dan air, tetapi ada juga yang terbuat dari tepung gandum dengan campuran telur bebek.

Bigoli cocok sekali dimasak dengan saus yang kental, jangan sampai terkecoh dengan tampilannya yang seperti bakmi nyemek ya!

#2 Bucatini

Bucatini Carbonara (via pinchandswirl.com)

Bucatini adalah pasta yang sangat terkenal di Lazio, Roma. Pasta berbentuk tabung panjang dan tebal ini terbuat dari tepung terigu durum keras dan air. Biasanya bucatini dimasak dengan saus amatriciana khas Roma atau saus mentega, pencetta dan guanciale yang dipadukan bersama sayuran, teri, keju, telur atau ikan sarden.

Bucatini sebelum dimasak (via bonappetit.com)

Sekilas bentuknya seperti mie biasa tapi ternyata bucatini memiliki lubang di tengahnya. Saat dimakan, biasanya ada bumbu-bumbu yang masuk ke area lubang pasta. Nikmatnya jadi berlipat-lipat, deh!

#3 Calamarata

Calamarata (via mozzalat.fr)
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk aneka jenis pasta Italia
[Total: 6 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar