Ilustrasi: Thirdman via pexels
Share artikel ini:


Semua orang ingin memiliki tubuh yang bugar dan ideal, menjaga asupan makanan dengan cara diet adalah salah satu upaya. Menjalankan puasa sambil mempertahankan program diet biasanya jadi tantangan tersendiri, sebab saat sahur dan berbuka banyak orang yang cenderung terlalu banyak mengkonsumsi makanan serta minuman sarat kalori.

Namun, tidak perlu khawatir, ada banyak cara menjaga tubuh tetap fit saat diet di bulan puasa. Kita simak yuk!

#1 Minum Air Putih yang Cukup

70% tubuh manusia terdiri dari air, sehingga dapat menyebabkan gangguan saat tubuh kekurangan cairan. Gangguan tersebut salah satunya tubuh jadi lemas dan kurang berenergi, konsumsi air putih secukupnya saat sahur dan berbuka membuat tubuh aktif sekaligus segar.

#2 Jangan Makan Berlebihan

Foto ilustrasi: Michael Burrows via pexels

Menahan nafsu makan saat berbuka memang susah-susah gampang, tetapi makan secukupnya adalah kunci untuk diet sehat dan badan tetap bugar karena badan secara alami dapat memproses kalori menjadi energi sesuai kebutuhan tubuh. Selain itu, makan berlebihan dapat mengacaukan kinerja ghrelin leptin, yakni hormon pengatur rasa lapar dan penekan rasa lapar. Gak mau kan merasa lapar terus-terusan di luar jam makan?

#3 Konsumsi Menu Sehat

Selain porsi yang cukup, komposisi makanan yang kita pilih pun harus punya kadar gizi yang seimbang. Kurangi lemak dan perbanyak protein akan lebih sehat bagi tubuh dan membantu program diet secara sehat. Jangan tinggalkan serat dan protein ya. Hindari manis berlebihan dan gorengan, semangat!

#4 Olah Raga Tipis-Tipis

Foto: Afnizar Nur Ghifari via unsplash

Puasa bukan berarti Sobat Halal tidak bisa olah raga loh. Pilihlah olah raga yang lebih santai seperti yoga, wall pilates atau jalan santai sore di taman menjelang berbuka puasa bisa jadi pilihan.

#5 Hindari Makan Terlalu Malam

Biasanya perut terasa mudah penuh saat kita berbuka puasa dengan takjil, maka pilihlah takjil yang sehat dan cukup untuk membatalkan puasa. Makan di bawah pukul 9 malam lebih direkomendasikan, sebab makan di atas pukul 9 malam dapat mengacaukan jam tidur, sistem pencernaan, pola makan dan berpotensi menaikkan berat badan.

#6 Istirahat Cukup

Ilustrasi: Tomas Ryant via pexels
Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk tips bugar ini
[Total: 2 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar