Share artikel ini:


Dari tahun ke tahun permintaan wisata ke Negeri Sakura semakin meningkat, bahkan warga negara Indonesia termasuk salah satu wisatawan yang memberi warna pada daftar wisatawan asing yang berlibur Jepang. Tentu saja hal tersebut memicu peningkatan tuntutan terhadap kesiapan pariwisata halal di Jepang.

Tingginya wisatawan muslim yang keluar-masuk Jepang membuat sektor pariwisata meningkatkan fasilitas yang ramah muslim, khususnya di spot-spot ramai wisatawan. Keberadaan hotel halal, tempat shalat dan keberadaan makanan serta minuman halal menjadi hal utama dalam sektor wisata halal.

Namun, walaupun halal tourism sudah digalakkan di Jepang, bukan berarti Sobat Halal bisa asal pilih makanan dan minuman halal saat berkujung di Jepang. Agar liburan ke Jepang jadi nyaman, Sobat Halal bisa memasang aplikasi Halal Japan loh!

Apakah aplikasi Halal Japan itu?

Halal Japan merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Japan Halal Foundation. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis data kolektif makanan, restoran, bumbu dan bahan baku halal yang terdapat dalam sebuah produk.

Halal Japan mudah dioperasikan, cara pemakainya seperti kebanyakan aplikasi, yaitu setelah mengunduh Sobat Halal diarahkan untuk registrasi terlebih dahulu. Pada awal registrasi, Sobat Halal dapat menikmati free trial aplikasi selama 7 hari dan setelah masa free trial berakhir Sobat Halal dikenakan biaya kurang lebih 1.000 Yen per tahun atau setara Rp 106.000,00.

Halal Japan memberikan informasi makanan halal dengan cara scan barcode. Saat Sobat Halal berada di swalayan cukup pindai barcode dengan memberikan akses kamera pada aplikasi Halal Japan di ponsel Halal, dalam satu kali pencet Halal Japan akan langsung menampilkan informasi terkait detil makanan tersebut.

Halal Japan memberikan 6 kategorisasi makanan, yaitu Halal Level 1, Halal Level 2, Halal Level 3, Doubtful, Haram Level 1 dan Haram Level 2.

Berdasarkan kategorisasi tersebut:

  • Halal Level 1 adalah makanan dengan sertifikat halal resmi dari Japan Halal Foundation
  • Halal Level 2 merupakan petunjuk bahwa produk menggunakan komposisi serba halal tapi tidak memiliki sertifikat halal, sedangkan
  • Halal Level 3 mengacu pada produk yang mengandung etanol pada persentase yang aman atau produk yang diolah satu pabrik dengan produk haram tetapi diolah dengan lokasi terpisah sehingga bebas kontaminasi dari bahan-bahan non-halal.

Sementara lawan dari Halal Level adalah:

  • Doubtful mengacu pada makanan tanpa sertifikat halal yang kandungan dalam setiap komposisi tidak diketahui sehingga lebih baik dihindari.
  • Haram Level 1, artinya produk mengandung etanol lebih dari 0,5% atau alkohol
  • Haram Level 2 mengacu pada produk yang benar-benar mengandung babi

Selain user friendly, aplikasi ini juga memiliki informasi yang detail, dan up to date. Halal Japan ini bisa Sobat Halal unduh melalui Play Store atau Apple Store. Sampai saat ini aplikasi masih dikembangkan untuk selalu menjadi asisten paling kaliber bagi Sobat Halal yang mencari jajanan atau makanan halal saat berbelanja di setiap swalayan di Negara Jepang.

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk aplikasi Halal Japan
[Total: 2 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar